Friday, 4 March 2016

Cara Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive


Cara Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive

Kali ini Blog Billy-Art akan memposting Cara Menyimpan File JavaScript dan CSS di Google Drive (hosting file di google drive) Nah bagi kamu yang juga ingin menggunakan Google Drive sebagai tempat menyimpan file JavaScript atau CSS milik kamu, berikut ini saya berikan sedikit tutorialnya. Sebenarnya sudah banyak yang membahas cara upload file di google drive, namun untuk cara yang saya tulis di bawah sedikit berbeda, lebih sederhana, dan simpel tidak perlu mengedit-edit URL file.

Sekilas tentang Google Drive...

Wikipedia : Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.

Langkah Langkah Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive


1. Silahkan kamu masuk ke  https://drive.google.com dan login menggunakan akun google milik kamu.

2. Klik Baru > Folder
Cara Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive

3. Masukkan nama Folder yang kamu inginkan lalu klik buat.

Cara Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive

4. Setelah folder sudah kita buat, selanjutnya kita tinggal meng-upload file yang berformat .js. Caranya masuk ke folder yang tadi kita buat dengan mengeklik nama foldernya, setelah itu klik baru dan klik unggah file.

Unggah File to Google Drive


Cara Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive
File berformat .js

5. Setelah file sudah berhasil kita upload maka selanjutnya kita perlu mengambil URL direct link dari file tersebut. Caranya kalian klik kanan file yang sudah diupload, lalu klik Bagikan dan silahkan kalian copy link seperti dibawah ini.



Sekian tentang Cara Menyimpan (Hosting) File JavaScript dan CSS di Google Drive semoga tutorial yang saya tulis di atas bisa bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada yang kurang jelas silakan disampaikan di kolom komentar bawah.

bangbil.com adalah sebuah personal blog. Seorang blogger yang masih merangkap sebagai pelajar. Temui aku di Sosial Media :

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.