Monday, 13 June 2016

Tata Cara Shalat Tahajud Lengkap


Tata Cara Shalat Tahajud Dengan Lengkap

Sudahkah kamu melaksanakan shalat tahajud? apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah nan suci ini. Sayangnya, sedikit sekali dari kita yang melaksanakan salah satu shalat malam ini. Alasannya pun bermacam macam tidak tahu caranya, doanya, gerakannya, males dan lain lainnya.

Nah untuk mengatasi alasan alasan diatas itu Blog Billy-Art kali ini akan membahas tentang tata cara shalat tahajud dengan lengkap, supaya banyak dari temen temen yang termotivasi mau melaksanakan shalat Tahajud ini.

Penjelasan Shalat Tahajud

Shalat Tahajud adalah shalat yang dilaksanakan waktu malam hari yaitu setelah shalat isya hingga masuk waktu subuh. Shalat ini sangat dianjurkan loh sobat oleh Rasulullah SAW.

Hukum melaksanakan shalat tahajud adalah sunnah. Tapi sunnah melaksanakan shalat tahajud bukan seperti sunnah biasa tetapi hukumnya sunnah muakkad (sangat disunnahkan atau sangat dianjurkan).

Bagi yang belum tau, seseorang yang ingin melaksanakan shalat tahajud harus tidur terlebih dahulu, walaupun cuma sebentar.

Jumlah rakaat shalat tahajud yaitu 2 rakaat (dikerjakan dua rakaat sekali salam) maksimal 8-12 rakaat. Ada juga yang mengatakan tidak ada batas maksimal.

Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud? 
Ulama membagi waktu menjadi tiga bagian yaitu :
  • Sepertiga awal malam, sejak masuk magrib hingga jam 10 malam
  • Sepertiga kedua malam jam 10 hingga jam 2 malam
  • Sepertiga terakhir malam sepertiga malam terakhir kira-kira dari jam 2 hingga menjelang masuk waktu shubuh
Nah, waktu terbaik mengerjakan shalat Tahajud adalah di sepertiga malam yang akhir.

Baca Juga : Tata Cara Shalat Tarawih Lengkap

Tata Cara Shalat Tahajud :


  • Pertama kita niat terlebih dahulu 
                                      أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
    Ushollii sunatan Tahajudi rak'ataini lillaahi tangala
                   Artinya : "Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala."


  • Lalu silahkan mengerjakan shalat seperti pada umumnya yaitu dengan diawali takbiratul ihram dan dilanjutkan membaca alfatihah dan surat Alquran, dst.. diakhiri dengan salam.  Ada sebagian yang berpendapat sunnah membaca surat Al Kafirun di rakaat pertama dan Al Ikhlas di rakaat kedua.
Jangan terlalu tergesa-gesa dalam menjalankan shalat. Banyak orang yang ingin melaksanakan 8 atau 12 rakaat misalnya, akhirnya malah shalat dengan tergesa-gesa dan tidak sempurna. Ingat tujuan dari shalat adalah mengingat Allah SWT. Oleh karena itu, sudah seharusnya dikerjakan sebaik dan sesempurna mungkin.
  • Jika sudah selesai shalat tahajud, Dilanjutkan dengan membaca Doa Setelah Shalat Tahajud :

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya : “Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

FAQ (Frequently Asked Questions) :

FAQ singkatan dari Frequently asked questions yang berarti kumpulan pertanyaan"(questionna pake s) yang sering (Frequently) ditanyakan (asked) orang"

Ask : Kapan waktu terbaik melaksanakan shalat tahajud?
Answer : sepertiga terakhir malam sepertiga malam terakhir kira-kira dari jam 2 hingga menjelang masuk waktu shubuh

Ask :  Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu?
Answer : Tidak boleh, syarat melaksanakan shalat tahajud adalah tidur terlebih dahulu, walaupun cuma sebentar (walaupun cuma 1 menit)

Ask : Bolehkah shalat Tahajud Dilakukan Secara Berjamaah?
Answer : Jawaban singkatnya adalah BOLEH

Ask : Hukumnya shalat tahajud? 
Answer : sunnah muakkad (sangat disunnahkan atau sangat dianjurkan).

Ask : Tips Bangun Malam untuk Shalat Tahajud? 
Answer : Jangan begadang, pasang alarm, minta bangunin sama orang lain.


Nah, kalo kamu sudah baca semua artikel ini, dari atas sampai bawah berarti udah tau dong tentang tata cara shalat tahajud, hukum shalat tahajud, doa setelah shalat tahajud, dan lainnya.

Sekarang waktunya praktek!

Sekarang juga niatkan dalam hati untuk memulai shalat tahajud nanti malam. Lakukan tips-tips bangun malam yang udah aku jawab di FAQ supaya kamu bisa bangun malam. Kalo nanti malam berhasil bangun, niatkan dan mohon kepada Allah agar dimampukan melaksanakan shalat tahajud secara rutin setiap malam. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Selamat menunaikan shalat tahajud~ 
  
Mohon kritik dan sarannya di komentar kalo ada informasi yang tidak sesuai, Terimakasih.

bangbil.com adalah sebuah personal blog. Seorang blogger yang masih merangkap sebagai pelajar. Temui aku di Sosial Media :

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.