Monday, 25 July 2016

Cara Mudah Kompres atau Memperkecil Ukuran Gambar


Meng-kompres atau mengubah ukuran/resolusi suatu gambar tentunya akan membuat gambar tersebut menjadi lebih ringan untuk dimuat (loading) apalagi untuk blog atau website yang menyediakan cukup banyak gambar untuk artikelnya misal seperti artikel bangbil yang satu ini.

Cara Mudah Kompres atau Memperkecil Ukuran Gambar

Ada 2 cara untuk mengkompres atau memperkecil ukuran suatu gambar yaitu dengan cara online (dengan website) atau offline (dengan software).

Mengecilkan ukuran gambar sering bangbil lakukan. Karena sebagian artikel tentunya tidak bisa dilakukan hanya dengan tulisan seperti ini, pengunjung perlu gambar yang menunjukkan lebih jelasnya apalagi untuk kategori artikel yang berkaitan dengan tutorial.

Apa Manfaat dari Mengkompres suatu Gambar?
  • Menghemat ruang penyimpanan
  • Mempercepat loading gambar tersebut 
Mungkin kelihatannya sepele, tapi bagi seorang blogger ini sangat penting. So, langsung aja kita coba kompres gambar.

Cara Mudah Kompres atau Mengubah Ukuran Gambar

Karena kita menggunakan cara offline untuk mengkompres gambarnya, jadi kita akan mendownload softwarenya terlebih dahulu.

1. Langsung lompat ke situsnya Free Image Optimizer atau klik disini. Pilih Free Version untuk versi gratisnya, nantinya akan ada Watermark dari Image Optimizer di pojok kanan bawah dari gambar yang sesudah di kompres. tapi tenang aja kok nanti bisa diakali dengan cara di edit. 

Silahkan masukkan data kamu terlebih dahulu First Name, Last Name, Email, Company (Nama perusahaan ambil nama dari Blog kamu) lalu klik Download. Kalo gak pengen ribet bangbil udah nyiapin filenya kalian tinggal klik aja.
2. Install aplikasinya, sekarang kita akan praktekkan cara penggunaan Image Optimizernya. Disini misal bangbil akan mengkompres file gambar yang berukuran 1.6 MB - Gambar

Pindahkan gambar yang akan di kompres ke dalam Folder terlebih dahulu.  
Pindahkan Gambar ke Dalam Folder

Kalo kalian ingin mengkompres banyak foto tinggal masukkan fotonya semua ke dalamnya

3. Lalu klik Optimize Images untuk mengkompres gambarnya.
Optimize Images

4. Nanti akan muncul Folder Optimized Images yang di dalamnya berisi gambar yang sudah di kompres.
Folder - Optimized Images

Dan hasil akhirnya ukuran gambar menjadi 206 KB - Hasil Gambar yang sudah di Kompres - Gambar

Jika kalian ketemu dengan Folder yang seperti ini, jangan kalian hapus ya. Karena didalam folder tersebut ada file dari Free Image Optimizer.

Jangan dihapus!


UPDATE 31-07-2016

Lupakan semua tutorial diatas. BANGBIL punya cara kompres gambar yang lebih gampang. Dengan menggunakan Software Photoscape dan tentunya gak perlu ribet akan adanya Watermark pada gambar kalian, Download terlebih dahulu Software Photoscapenya disini.

Jika sudah diinstal masuk ke Photoscape > pilih Editor > Seret gambar kalian ke dalamnya.
Editor

Jika kalian ingin mengedit gambarnya terlebih dahulu supaya nampak terlihat lebih kece, jika sudah Simpan gambarnya. Lalu ubah kualitas gambarnya (Ukuran,Size) sesuai dengan yang kalian inginkan.


Tentunya mengkompres gambar akan membuat gambar terlihat lebih rendah kualitasnya tapi ada juga loh sebagian gambar yang di kompres gak terlihat sama sekali perbedaannya dengan sebelum di kompres. Okay segini dulu penjelasan dari bangbil semoga artikel sederhana ini membantu temen temen ya.

bangbil.com adalah sebuah personal blog. Seorang blogger yang masih merangkap sebagai pelajar. Temui aku di Sosial Media :

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.