Cara Mudah Mengecek NISN Siswa SD,SMP,SMA/SMK

Cara Mudah Mengecek NISN Siswa SD,SMP,SMA/SMK

Cara Mudah Mengecek NISN Siswa SD,SMP,SMA/SMK - Pernah kebingungan dengan Nomor Identitas kamu? misalnya kamu disuruh mengisi yang seperti ini.. kebetulan bangbil juga pernah dibingungkan dengan pengisian yang seperti ini tapi belum punya KTP atau SIM karena memang umur bangbil belom sampai pada 17+ saat itu  dan apesnya lagi kartu pelajar yang adalah identitas satu satunya hilang hiks.. tapi sekarang sih udah gak dipusingin dengan masalah ini lagi.


Karena nomor identitas sama saja kok dengan Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa kita kenal dengan sebutan NISN.

sekilas tentang NISN...

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa (memiliki sifat permanen). Angka tersebut tidak berubah dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK. NISN juga tentunya digunakan untuk dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.

Tujuan dan Manfaat dari NISN
  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Sumber : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home

Cara Mudah Mengecek NISN Siswa SD,SMP,SMA/SMK


1. Pertama silahkan menuju ke situs kemdikbud http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Pada menu, pilih pencarian berdasarkan nama

Pilih Menu Pencarian Berdasarkan Nama

Keterangan Gambar :
  • Nama Siswa : Isikan dengan nama panjang kamu, biasanya kamu bisa mengetahuinya lewat Kartu keluarga (kk) atau ada di rapor siswa kamu. 
  • Tempat Lahir : Masukkan tempat lahir kamu, bisa juga diliat dari kk dan rapor kamu. 
  • Tanggal Lahir : Isikan dengan tanggal lahir kamu. Contoh : Tanggal/Bulan/Tahun

3. Kalo semua data datanya sudah diisikan dengan benar, langsung klik Cari, dan akan muncul NISN dari data yang kamu masukkan sebelumnya.

Hasil Pencarian NISN

Gimana mudah bukan untuk mengetahui/mengecek NISN kamu? jadi gak perlu bingung lagi dengan Nomor Identitas atau semacamnya, NISN adalah cara praktisnya.