Sunday, 31 December 2017

Tips Sukses Resolusi di Tahun 2018

Agen Togel

Tips Sukses Resolusi di Tahun 2018

Tips Sukses Resolusi di Tahun 2018 - Resolusi Tahun 2018, Pasti kalian sudah bisa memikirkan resolusi resolusi apa yang ingin kalian capai di 2018. Kebanyakan orang menggap awal tahun adalah sebagai garis start untuk memulai aktivitas atau kebiasaan yang baru tentunya bertujuan memperbaiki diri untuk lebih baik kedepannya. 

Dan..  gak banyak orang yang bikin resolusi, tapi cuma sekedar kata kata doang dan gak di lakuin. Atau dilakuin tapi gak berhasil mencapainya, Resolusi oh resolusi~. Fungsi membuat resolusi adalah memperbaiki sesuatu yang buruk dan harus ada konsistensi di dalamnya. 

pengendalian diri

Yang buruknya adalah kalo kalian memaksakan mengendalikan diri untuk resolusi kalian, justru kalian malah membuat diri kalian menjadi rapuh dan mudah tergoda. Kenapa? karena sering membuat resolusi, tetapi gagal memenuhinya bisa berdampak pada rendahnya penilaian diri seseorang.

Baca Juga : Doa Akhir dan Awal Tahun

Maksud dari rendahnya penilaian diri adalah :

Contohnya, gw mau ngerjain tugas dari dosen. Dan harus selesai minggu ini semuanya pokonya harus sudah selesai, dan pada akhirnya gw gak berhasil mencapainya, padahal mahasiswa lain udah pada selesai. Terus gw bilang ke diri gw sendiri "masa gini doang gabisa? ah kalo ada tugas lagi gw harus kerjain" dan kasusnya berulang lagi sama seperti ini. Nah ini namanya mah malah ngenilai rendah diri sendiri dan dampaknya bakalan buruk buat kalian. 

Ngeri gak tuh? makanya, masih yakin mau buat resolusi? Kalo saran bangbil sih gapapa buat resolusi yah, asal ada konsistensi di setiap kegiatannya. Gausah memaksakan diri, enjoy aja dengan apa yang kalian lakuin. Ada tuh pepatah yang mengatakan seperti ini  :
If you cant fly, then run. If you cant run, then walk. If you cant walk crawl! But, Whatever you do, just keep moving

Menurut KBBI sendiri arti kata Resolusi adalah :
resolusi/re·so·lu·si/ /rĂ©solusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu -- yang akan diajukan kepada pemerintah
Beragam harapan digantungkan ketika membuat resolusi di tahun baru, mulai dari menurunkan berat badan dan makan makanan sehat, berhenti merokok, mengatur keuangan lebih ketat, mendapat pekerjaan lebih baik, sampai biar bisa gak jomblo terus #plak

Ada yang sukses mempertahankan sampai ujung tahun, ada pula yang  gigit jari karena resolusinya masih seumur percikan kembang api. Kelompok orang yang terakhir disebutkan jumlahnya tidak sedikit.

Tips Membuat Resolusi di Tahun Baru Supaya Berhasil :

Nah Kalo kalian mau buat Resolusi di Tahun Baru yang perlu kalian perhatikan adalah :

1. Pahami diri sendiri! kalian buat resolusi ini beradasarkan kesadaran untuk menciptakan hidup yang lebih baik atau cuma buat iseng (gaya gayaan) di sosial media kalian?

2. Konsisten dengan apa yang kalian buat, segala sesuatu yang dilakukan berulang ulang akan menciptakan suatu karakter. Contoh jeleknya, misal kalian sering berkata kasar : Otomatis tanpa kalian sadari itu akan menjadi sebuah ciri khas (kharakter) yang melekat di diri kalian. Nah gimana caranya kalian ngerubah contoh jeleknya menjadi contoh baiknya?

Menurut profesor psikologi Prochaska dan DiClemente, ada empat level yang mesti dilalui seseorang bila hendak merasakan perubahan di kemudian hari

  • Level 1. Dimulai dari tidak berniat untuk berubah
  • Level 2. sampai akhirnya berkontemplasi dan berencana membuat perubahan
  • Level 3. diikuti persiapan untuk berubah, dan yang terakhir
  • Level 4. barulah melakukan tindakan-tindakan perubahan itu sendiri.

Jadi, misal kalian punya resolusi di tahun 2018 adalah menikah atau berolahraga nah hal ini bukanlah bagian dari level pertama, melainkan keempat. Jadi intinya NIAT DULU.

Menjalankan tradisi membuat resolusi di tiap tahun baru adalah kebebasan setiap orang. Namun bila tidak di dukung komitmen penuh, hal ini hanya akan menjadi angan saja atau bahkan beban di kemudian hari.    

WUJUDKAN RESOLUSI KALIAN!

Sumber : https://tirto.id/tahun-baru-2018-tiba-yakin-mau-bikin-resolusi-lagi-cCva

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share. Connect With Me..

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.