Semua Daftar Film Karya Raditya Dika (Lengkap)

Raditya Dika

Seperti yang kita ketahui Dika Angkasaputra Moerwani atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Raditya Dika ini menyutradarai banyak film. Rata rata semua film karya raditya dika laris di pasaran dengan aliran komedi + romantis. 

Selain itu menurut bangbil ciri khas film bang radit adalah dengan selalu adanya bang radit di filmnya sendiri, jadi selain bang radit ini menyutradarai filmnya, dia juga berperan sebagai aktor di filmnya sendiri. "Widih pasti ribet ya?" Eit, tapi menurut bangbil kalo aktornya adalah sutradara dari film tersebut sang aktor tentunya malah jadi lebih dapet feel sama film yang akan dibawakan. 

Nah dengan alasan itulah bangbil ingin membuat artikel Daftar Film Karya Raditya Dika,
Berikut adalah film film yang di garap oleh bang radit a.k.a Raditya Dika. 

1. Kambing Jantan 


Kambing Jantan

Kambing Jantan bergenre Comedy, dirilis pada tanggal 5 Maret 2009. Film ini dibintangi antara lain oleh Raditya Dika, Herfiza Novianti, Edric Tjandra, dan Sarah Safitri.

Selepas SMU, Dika (Raditya Dika), yang mempunyai nama panggilan Kambing, harus melanjutkan pendidikan di Adelaide, Australia, mengambil gelar finance yang tidak sesuai minatnya. Maka diakhirilah perjalanan hidup Dika mencari jati diri.
Ketika dia menjalani kuliah di Australia, problema timbul dengan Kebo (Herfiza Novianti), pacarnya, karena harus menjalani Long Distance Relationship (LDR) yang menyebabkan pengeluaran keuangan sangat besar, komunikasi yang terganggu, dan kehidupan kuliah yang semakin lama membuat mereka menjadi berbeda.
Problem lainnya seperti bagaimana Dika mengalami kesulitan dalam belajar, dan kemunculan Jenny Dickson, dosen bule yang lebih mirip tentara wanita, menambah dilema si Kambing dalam menyelesaikan masalah LDR dan finance (dalam dua arti sebenarnya: kebutuhan finance-nya dan sekolah finance-nya).
Pertemuannya dengan seorang teman SD yang membaca blog Dika berjudul “Kambingjantan” membuka pikirannya bahwa dia bisa saja jadi penulis komedi.

2. Cinta Brontosaurus 


Cinta Brontosaurus

Cinta Brontosaurus dirilis pada tanggal 8 Mei 2013 dengan genre Comedy. Film ini dibintangi oleh Raditya Dika, Eriska Reinisa, Soleh Solihun, Meriam Bellina, dan Tyas Mirasih. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Sampai saat ini Cinta Brontosaurus menjadi film terlaris dengan jumlah penonton 892.915 orang.

Dika (Raditya Dika) adalah seorang penulis yang baru saja putus cinta dengan Nina (Pamela Bowie), pacarnya setelah sekian lama. Semenjak putus cinta ini, dia percaya bahwa cinta bisa kedaluwarsa. Kosasih (Soleh Solihun), agen naskah Dika, mencoba untuk membuat Dika yakin terhadap cinta kembali, seperti Kosasih yakin dengan istrinyanya Wanda (Tyas Mirasih). Usaha ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd.
Namun, cinta bisa datang tanpa persiapan. Seperti saat Dika bertemu dengan Jessica (Eriska Rein), seorang perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Semakin Dika kenal dengan Jessica, semakin dia bertanya: apa benar cinta bisa kedaluwarsa?
Di sisi yang lain, Mr. Soe Lim (Ronny P. Tjandra), menawarkan untuk memfilmkan buku Dika, yang berjudul Cinta Brontosaurus. Tertarik, Dika berusaha untuk menulis skrip film tersebut. Masalah mulai timbul ketika di tengah jalan, Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika menjadi film horror yang sedang laku.
Film ini adalah perjalanan Dika untuk memahami cinta, yang justru dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarganya sendiri.

3. Cinta Dalam Kardus


Cinta dalam Kardus

Cinta Dalam Kardus adalah film komedi, romantis. Film ini dirilis pada tanggal 13 Juni 2013 Film ini disutradarai oleh Salman Aristo. Dibintangi oleh Raditya Dika, Ryan Adriandhy, dan Hadian Saputra.

Miko, seorang cowok yang canggung, ingin mencoba stand-up comedy untuk melupakan problemnya dengan kekasihnya, Putri. Namun ketika di atas panggung, Miko malah menceritakan barang-barang peninggalan 21 mantan kekasihnya yang dia simpan di dalam kardus. Seiring dengan dia menceritakan barang-barang tersebut, Miko belajar sesuatu yang penting tentang cinta.

4. Manusia Setengah Salmon


Manusia Setengah Salmon

Manusia Setengah Salmon dirilis pada 10 Oktober 2013 dengan genre Komedi dan dibintangi oleh Raditya Dika, Eriska Reinisa, Soleh Solihun, Kimberly Ryder, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama.

Ketika ibunya memutuskan pindah rumah, Dika justru berusaha pindah dari hal-hal yang selama ini dia susah untuk lepaskan: cerita cintanya yang lalu hingga hubungannya dengan bapaknya.

5.  Marmut Merah Jambu


Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu bergenre drama, komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Christoffer Nelwan, Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama.

Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus pada masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?

6. Malam Minggu Miko The Movie 


Malam Minggu Miko Movie

Malam Minggu Miko dirilis pada tahun 2014, Salah satu pemerannya ada Seorang Youtuber yaitu Andovi da Lopez dari channel skinnyindonesia24

Cerita yang mengangkat tiga tokoh utama, Miko yang masih terus mencari cinta sejatinya, Dovi yang paling percaya diri yang tinggal sekontrakan dengannya, dan Anca pembantu rumah tangga mereka yang setia.
Miko selalu gagal setiap kali mulai dekat dengan cewek. Rian yang saat ini sudah berpetualang menjadi pelawak tunggal di perahu-perahu ke tengah laut, merasa yakin kalau itu disebabkan oleh kutukan dari masa lalu Miko karena Rian bermimpi melihat sesuatu terkait dengan sebuah barang yang Miko simpan dari SMP. Mereka berdua pun berusaha menelusuri teman-teman dari masa SMP yang kemungkinan penyebab kutukan tersebut.
Dovi terus berkutat dengan masalah kuliah hukum yang semakin membuatnya stres, iia mendapatkan tugas dari dosennya untuk bisa lulus dengan mendampingi sekelompok mahasiswa mancanegara, Alexandra, Suzuki, dan Mamai berkeliling Jakarta dan harus memenuhi target yang ditentukan. Dovi harus membuktikan kemampuannya demi masa depan kuliahnya.
Anca dan kekasihnya Atik berniat ingin ikut nikah massal. Keluarga Anca, yaitu bapak dan ibunya datang untuk melakukan tes kesiapan dia untuk menikah. Sebagai keluarga pembantu turun-menurun yang sangat berdedikasi tinggi, Anca harus memenuhi semua kriteria yang sudah dibuat.

7. Single

Single

Single adalah film komedi,romantis Indonesia tahun 2015. Film Ini tayang pada tanggal 17 Desember 2015. Film ini disutradarai oleh Raditya Dika dan Sunil Soraya. Film ini dibintangi oleh Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Chandra Liow, Annisa Rawles, Babe Cabita, Difa Ryansyah dan Brigitta Cynthia.

bercerita tentang sosok Ebi (Raditya Dika), seorang pemuda 27 tahun yang naif dan belum mempunyai pekerjaan. Ebi bahkan masih sering meminta uang dari ibunya setiap kali ibunya datang ke Jakarta. Ebi juga seorang single forever atau jomblo dari lahir yang belum pernah pacaran. Hal ini terjadi karena setiap kali Ebi mendekati perempuan, Ebi selalu saja ditolak. Intinya, kehidupan Ebi layak untuk dikasihani.
Suatu hari, adik Ebi, Alva (Frederik Alexander) yang lebih ganteng dan sukses darinya mengumumkan kalau dia hendak menikah. Karena inilah, Ebi pun mencari pacar untuk dibawa ke kawinan Alva. Agar harga dirinya di depan ibunya masih bisa diselamatkan. Dibantu oleh kedua orang teman kosannya, Wawan (Pandji Pragiwaksono) yang paling sok tahu dan Victor (Babe Cabita) yang pesimistis, Ebi pun mulai mencari cewek satu per satu yang juga berujung pada kegagalan.
Pertemuannya dengan cewek tercantik justru datang di kosannya sendiri. Cewek tersebut bernama Angel (Annisa Rawles), yang seperti namanya berhati seperti malaikat, cantik tentunya. Ebi pun berniat mendekatinya. Namun ketika Ebi hendak mendekati Angel, muncul sosok Joe (Chandra Liow), “abang-abangan” Angel yang sudah lama ada di dalam kehidupannya. Joe, diam-diam juga mengincar cinta Angel dan dengan segala tipu muslihatnya berusaha menjauhkan Ebi dari Angel. Angel tidak tahu soal ini sama sekali. Bisakah Ebi mendapatkan Angel? Bisakah Ebi menyingkirkan Joe, saingannya? Satu hal yang Ebi akan segera sadari, yaitu petualangannya dalam melepaskan status “Single” membuat dia menjadi lebih tahu lagi tentang apa yang dia butuhkan dalam hidupnya, bukan sekadar memenuhi apa yang dia inginkan.
Film SINGLE tayang serentak di seluruh Bioskop Indonesia pada 17 Desember 2015.

8. Koala Kumal


Koala Kumal

Koala Kumal merupakan film komedi, romantis yang dirilis 5 Juli 2016. Film ini dibintangi oleh Raditya Dika dan Acha Septriasa, serta menjadi film debut bagi penyanyi Sheryl Sheinafia. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Raditya Dika. Film ini menjadi film Raditya Dika dengan jumlah artis cameo terbanyak hingga saat ini.

Dika (Raditya Dika) baru saja batal menikah, karena pacarnya, Andrea (Acha Septriasa), selingkuh dengan James (Nino Fernandez). Patah hatinya membuat Dika kesulitan menulis bab terakhir bukunya. Suatu hari, Dika bertemu dengan Trisna (Sheryl Sheinafia), cewek unik yang menolong Dika dari perjodohan kacau sang Mama Dika (Cut Mini Theo) dan yang akan membuat pandangan Dika terhadap dunia menjadi berbeda.
Dika pun pergi bersama Trisna. Mereka menjadi semakin akrab. Trisna yang berniat membantu Dika menyelesaikan bab terakhir bukunya, menemukan alasannya: Dika masih patah hati. Trisna mencoba membuat Dika berhenti patah hati. Trisna menyuruh Dika melakukan balas dendam kepada Andrea.

 Baca Juga : Quote Keren Film Koala Kumal

9. Hangout


Hangout

Hangout adalah film komedi,horror seru. Film Ini tayang pada tanggal 22 Desember 2016. Film ini disutradarai oleh Raditya Dika. Film ini dibintangi oleh Raditya Dika, Prilly Latuconsina, Soleh Solihun, Titi Kamal, Mathias Muchus, Surya Saputra, Dinda Kanya Dewi, Gading Marten dan Bayu Skak. 

seorang pria misterius bernama Toni Sacalu, dengan inisial P. Toni Sacalu mengundang 9 publik figur untuk ‘Hangout’ di villa di sebuah pulau terpencil,
Hangout ini bertujuan untuk membicarakan sebuah proyek dengan sejumlah uang besar. Mereka pun berangkat memenuhi undangan tersebut.
Setibanya di sana, masalah muncul sejak malam pertama ketika Mathias Muchus mati diracun di hadapan mereka. Kendala berikutnya, mereka tidak bisa segera kembali karena perahu penjemput mereka, akan tiba lima hari kemudian. Mereka pun terjebak dalam pulau tersebut.
Mereka berusaha untuk bertahan hidup, tapi satu persatu malah mati. Ketika tinggal berempat, salah seorang dari mereka berhasil menemukan siapa pembunuhnya. Sayang belum sempat memberitahu siapa pembunuhnya, dia pun malah mati.
Mengapa Pak Toni Sacalu mengundang mereka semua, kemudian mereka harus dibunuh? Siapa sajakah mereka yang tinggal berempat? Siapakah pembunuh sebenarnya, apakah Pak Toni Sacalu atau satu di antara mereka berempat?

10. The Guys


The Guys

The Guys adalah film drama,komedi. yang diproduksi Soraya Intercine Films dan disutradarai oleh Raditya Dika. Ini film kedua Raditya bekerjasama dengan Soraya setelah sebelumnya sukses lewat Single (film) di tahun 2015. Film ini dirilis pada 13 April 2017, dan akan dibintangi oleh Raditya Dika, Pevita Pearce, Widyawati, Tarzan, Marthino Lio, Indra Jegel dan aktor asal Thailand Pongsiri Bunluewong alias Pukhai.

Alfi (Raditya Dika), karyawan yang bercita-cita jadi bos, ingin mendapatkan cinta Amira (Pevita Pearce), teman sekantor dan anak bosnya, Jeremy (Tarzan). Ketika Alfi dekat dengan Amira, ternyata Jeremy juga suka dengan Ibu Alfi (Widyawati). Keduanya kebetulan sudah lama hidup sendiri. Masalah timbul ketika Via, gebetan abadinya, yang tadinya mengabaikan Alfi, mulai menujukkan rasa cinta. Untuk menyelesaikan masalahnya dan mencapati cita-citanya Alfi dibantu teman-temannya, Rene (Marthino Lio) yang merasa paling ganteng diantara teman-temannya, Aryo (Indra Jegel) yang paham betul soal cinta namun tidak punya pasangan, dan Sukun (Pongsiri Bunluewong) yang merupakan karyawan ekspat dari Thailand dengan kepolosannya.

11. Target 


Target

Target (film 2018) adalah film drama-komedi-film aksi-seru, mulai tayang pada tanggal tanggal 15 Juni 2018. diproduksi oleh Soraya Intercine Films. Dibintangi oleh Raditya Dika, Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, Willy Dozan. Beberapa bintang aktor, komika dan YouTuber turut meramaikan film ini, di antaranya Abdur Arsyad, Hifdzi Khoir, Ria Ricis, Romy Rafael dan Anggika Bolsterli.

Karakter-karakter film Target menggunakan nama asli artis-artis pemerannya. Sutradara Raditya Dika mengatakan ia memiliki alasan tersendiri dengan hal itu untuk membikin sesuatu lebih mudah mengenali mereka memerankan karakter lain dari diri mereka sendiri.

Film Target bercerita tentang sembilan orang yang terjebak dalam sebuah permainan menegangkan. Sekelompok sembilan orang terbangun di set film ‘Target’. Ternyata mereka dijebak di sebuah gedung kosong. Sebuah suara mengatakan mereka punya waktu 24 jam untuk mengikuti skenario yang diberikan. Seluruh gerak-gerik mereka direkam. Bila mereka kabur atau melanggar aturan, mereka akan dibunuh. Apakah yang sedang terjadi? Apakah mereka akan berhasil keluar dari film ‘Target’ ini hidup-hidup?. Hanya satu yang bisa selamat. 


12. Coming Soon...


Semoga kalian dapat mengambil pelajaran atau pesan moral yang ingin di sampaikan bang radit di setiap filmnya. Support terus bang radit dengan terus berkarya di dunia perfilman dengan menonton film terbarunya di Bioskop ya..


Sumber Sinopsis : Wikipedia