Keuntungan dan Kerugian Beli Domain di Orang Lain

Keuntungan dan Kerugian Beli Domain di Orang Lain

Sebelumnya gue sudah mengumumkan bahwa Billy-Art.com telah pindah ke BangBil.com dan gue akan cerita tentang kesalahan kenapa Billy-Art.com bisa pindah ke BangBil.com. Di artikel tersebut gue bercerita tentang pengalaman gue beli domain di orang lain dan pada akhirnya domain inilah yang menjadi inti dari semua masalah yang gue hadapi sebelumnya, jujur masalah ini membuat gue geram oleh karena itu gue akan ceritakan apa keuntungan dan kerugan beli domain di orang lain

Keuntungan Membeli Domain di Orang Lain


1. Tidak perlu repot untuk custom domain blogspot sendiri. Jadi kita tinggal menyerahkan CNAME Bloglalu klik Simpan dan Domain sudah terpasang dengan cantik di Blog kita.


2. Pembayaran lebih mudah Bayar? Karena bisa via Pulsa


3. Masalah Harga? tentu sangat sangat Murah.
4. Domain juga bisa di perpanjang, hanya tinggal contact saja orang yang menjual domain.
5. Overall, Gampang proses pembeliannya dan tidak ribet.

Oke, 5 keuntungan membeli domain pada orang lain sudah gue sebutkan. Tetapi 5 keuntungan diatas ini bisa gue terima jika kalian sudah berpengalaman dalam membeli Domain dengan orang lain dan tidak ada masalah sama sekali dengan orang yang menjual istilahnya bisa dipercaya. Tetapi jika kalian orang yang istilahnya awam dalam hal domain dan tidak tau apa apa soal domain maka gue sangat tidak merekomendasikan jika kalian ingin membeli domain di orang lain.

Kerugian Membeli Domain di Orang Lain


Tidak semua penjual domain bisa dipercaya tidak memungkinkan juga adanya penjual domain yang jujur dan membantu kita sampai prosesnya selesai tapi kalian perlu perhatikan apa kerugian membeli domain di orang lain, dampaknya apa?  

1. Masalah Perpanjang Domain / Penjual Sudah Tidak Aktif
Jika kalian ingin memperpanjang domain dan mengetahui bahwa si penjual domain sudah tidak aktif (menghilang) yang di pertanyakan adalah terus nasib domain yang sudah kita beli dan kita bangun kedepannya akan bagaimana? ya sudah jelas domain yang tidak di perpanjang akan berunjung pada expired. Rank Alexa? menjadi No Data, Domain baru berarti sama dengan blog baru.

2. Tidak Ada Garansi 
Ini termasuk poin yang cukup bisa dibilang horror dan membuat kita yang membeli domain menjadi gelish. Harga murah tapi tidak ada garansi, hal ini memang wajar. Tapi percayalah lebih baik membeli domain mahal tetapi ada garansi di dalamnya.

3. Tidak ada Panel Masuk Domain
Jika kalian tidak mendapatkan panel masuk akses domain menurut gue ini udah kacau sih. Ini yang menyebabkan kita tidak bisa untuk memperpanjang domain kita sendiri dan yang berarti kita tidak mempunyai akses penuh terhadap domain kita. sama saja domain yang kalian beli ini milik dia karena yang mendaftarkan domain  tersebut adalah dia yang mempunyai akses terhadap domain tersebut.

Terlebih lagi jika domain yang kalian punya pengunjunnya sudah banyak dan mempunyai rank Alexa ramping, maka sangat memungkinkan jika penjual domain tersebut menjual domain kalian ke orang lain. Horror sekali bukan?

Iya betul, domain yang kalian beli bisa dijual lagi oleh orang tersebut, Sebelum memilih domain Bangbil.com gue sempat berfikir untuk memilih domain billyart.com dan ketika diakses domain tersebut berharga 1000$


4. Tidak Mendapatkan Pengalaman 
Kerugian terakhir jika kalian membeli domain pada orang lain adalah tidak mendapatkannya pengalaman, padahal ini yang terpenting. Beda dari orang yang membeli domain pada website official penyedia domain tentu mereka berusaha untuk mencari tutorialnya di Google dengan kata kunci "cara membeli domain atau cara custom domain, dsb" Karena pada dasarnya google adalah tempat terbaik untuk bertanya ketika kalian tidak tau ingin bertanya kepada siapa.

Gue mengetahui tidak semua orang bisa membeli domain karena kendala pembayarannya yang diharuskan untuk menggunakan Rekening atau Paypal. Karena seperti yang kalian ketahui kebanyakan Blogger berusia dibawah 17+ dan belum mempunyai Rekening sedangkan situs yang menyediakan Domain di Indonesia harus Transfer dengan Bank atau Paypal.