Cara Mengatasi Local Disk C Penuh 100% Work

Local Disk C penuh? sebenernya kenapa sih Local Disk C penuh dengan sendirinya? padahal seperti yang kita tau, Local Disk C adalah tempat file yang hanya digunakan ketika kita menginstall Software saja. Contoh file software yang sudah terinstall yang ada di Local Disk C (Control Panel lalu > Programs > Programs and Features.

Software Terinstall

Seperti yang kalian lihat dibawah , Local Disk C bangbil tersisa 12 GB dari 206 GB, bangbil sendiri bingung karena memang jumlah software yang bangbil install tidak sebesar itu, lalu kenapa bisa Local Disk C penuh dengan sendirinya?

Local Disk C - 12 GB Free Of 206 GB
Bangbil pernah coba neliti kenapa sih Local Disk C selalu sempit dan penuh dengan sendirinya, padahal gak install software sebesar itu. Ternyata setelah edit sesuatu biasanya di Adobe Photoshop apalagi untuk urusan vector atau software edit gambar atau video lainnya itu mengurangi Local Disk C dan itu 1-2 GB. Bangbil dari situ otomatis kaget.

Sebelumnya bangbil juga udah pake banyak cara untuk mengurangi sempitnya Local Disk C, contohnya :
1. Menghapus / Uninstall Software gak penting di Local Disk C
2. Membersihkan Chance pakai Ccleaner maupun Adavance System Care atau software pembersih chance lainnya
3. Disk Clean-Up
4. Menambah Kapasitas Local Disk C (Tapi percuma ujung ujungnya penuh lagi)

Tutorial aneh lainnya yang di share di youtube dan website / blog kebanyakan ada di halaman awal google, dan rata rata hanya mengurangi secuil dari 206 GB yang free dari local disk C bangbil. Dan ketika bangbil menerapkan tutorial ini (yang kalian baca sekarang) langsung terpental jauh dari 12gb free ke... ya baca sendiri kali ya sampe bawah biar tau.

Cara Paling Ampuh Mengatasi Local Disk C Penuh

1. Klik kanan pada Local Disk C, lalu pilih Properties tepat seperti gambar dibawah ini.

Local Disk C: Properties


2. Selanjutnya pilih tab General lalu pastikan kalian mencentang Compress this drive to save disk space, Karena tujuan kita kali ini adalah mengkompres file yang ada di Local Disk C supaya ukuran filenya mengecil. Tenang aja, gak akan ada file yang hilang karena proses ini.

Compress this drive to save disk space

Tekan Apply / Ok jika sudah tercentang, nantinya akan muncul tab proessing seperti pada gambar diatas bagian kiri. Prosesnya memakan waktu yang cukup lama, tergantung besar kecilnya file kalian yang ada di Local Disk C.


Tarara, silahkan cek kembali Local Disk C kalian, pastinya akan lebih lebawr dan bugawr hihi.