Makna

Kecil

Makna, makna, makna kata ini menjadi berbayang di ingatanku.
makna/mak·na/ arti atau nilai yang melekat dalam sesuatu.
pencarian tujuan hidup, kebermaknaan, atau makna eksistensial, tentang arti hidup, nilai-nilai yang dianggap penting, dan cara seseorang memberikan makna pada hidup.

Well.. bukannya segala hal memang perlu makna?
bayangin aja lo ngelakuin sesuatu tanpa adanya maksud dan tujuan? bukannya itu sangat membingungkan? 

"Setiap momen itu berharga jika diberi makna dan tiap peristiwa itu istimewa jika sudut pandangnya kaya" adalah quote yang gue sangat sukai dari Narasi TV 

Makna selalu memberikan sebuah arti pada apa yang kita lakukan dan selalu memberi dampak untuk orang diluar sana. Karna kalo dipikir-pikir kerja kalo cuma kerja tanpa adanya manfaat untuk orang lain gue rasa akan selalu ada "lubang" di hati dan pikiran orang yang melakukannya cuma mereka tidak sadari.

Karena menurut gue manusia akan selalu mempunyai desire untuk bisa bermanfaat untuk sesamanya dalam cara apapun. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain."

Gue yakin akan hal apapun yang dikerjakan nantinya asal ada makna di dalamnya hal tersebut tidak akan membingungkan, dan meskipun hal yang kalian kerjakan tidak kalian sukai nantinya akan selalu ada makna yang menguatkanmu untuk tetap mengerjakan hal tersebut dan bertahan. Makna membuatmu menjadi lebih tegar, dan kuat terhadap pilihan-pilihan hidup. 
 
Dulu waktu SD pernah ada acara "aku suka makan ikan" di acara tersebut ada suatu band yang setelah tampil banyak sekali dimintai tanda tangan oleh anak-anak dan spontan gue juga ikut dalam antrian barisan orang yang meminta tanda tangan, karena saking panjang antriannya di tengah-tengah antrian gue mikir "what the fuck am i doing?"  "bandnya bahkan ga kukenal dan apa gunanya tanda tangan ini setelah kudapatkan?" langsunglah gue cabut dari antrian tersebut dengan wajah curiosity yang membabi buta. 

Jujur gue salut sama diri gue pada saat itu dengan apa yang gue lakukan, ini berarti pertanda bahwa gue aware dan berfikir. Gue juga yakin kedepannya "tanda tangan" itu akan hilang di antara lembaran kertas dan tumpukan buku yang berdebu. 

___

Gue juga menyadari bahwa makna juga bisa menjadi solusi terhadap hal yang tidak kita sukai.

Contohnya gue sebenernya sangat tidak suka untuk mengganti warna pada sebuah foto. Tapi karna mengganti warna sangat krusial untuk emotion dan juga cara gue untuk menyampaikan perasaan secara visual maka akan tetap gue lakukan. 

Gue juga gasuka memakai hastag dalam semua postingan social media gue karena hal ini terlihat begitu "spammy". Reach bigger audiens menggunakan hastag = akan ada lebih banyak orang yang termotivasi atau terimpact akan karya-karya gue maka hal ini pun akan gue lakukan.

Gue juga gasuka ketika hobi gue berubah menjadi sebuah pekerjaan karena lagi-lagi maknanya akan berubah. Akan selalu ada pihak ketiga di dalamnya yang mana hobi ini bukan lagi tentang diri gue. Apalagi kalo udah menyangkut masalah seberapa banyak engagement dan angka yang harus didapatkan. Jujur dari dulu gue di social media pure cuma untuk mengekspresikan diri, itulah kenapa gue jarang sekali upload karena hal-hal yang gue upload biasanya tentang keresahan atau just a little update about life. Jangan heran ketika banyak sekali creator yang burn out, karena gue yakin apa yang mereka ekspresikan bukan lagi dari dalam diri.


Apa artinya sebuah foto dengan komposisi ciamik dengan pengambilan gambar yang sempurna tanpa sebuah makna di dalamnya? foto dengan gambar yang blur atau tidak jelas sekalipun jika ada makna di dalamnya maka foto itu akan menjadi hidup dan tidak menjadi tidak lekang oleh waktu.