Makna

Kecil

makna, makna, makna. kata ini menjadi berbayang di ingatanku.
makna/mak·na/ nilai, arti yang melekat dalam sesuatu.
pencarian tujuan hidup, kebermaknaan, atau makna eksistensial, tentang arti hidup, nilai-nilai yang dianggap penting, dan cara seseorang memberikan makna pada hidupnya.

well.. bukannya segala hal memang perlu makna?
bayangin aja lo ngelakuin sesuatu tanpa adanya maksud dan tujuan? bukannya itu sangat membingungkan? 

"setiap momen itu berharga jika diberi makna dan tiap peristiwa itu istimewa jika sudut pandangnya kaya" adalah quote yang cukup membekas diingatan gue dari narasi tv.

makna selalu memberikan sebuah arti pada apa yang kita lakukan dan selalu memberi dampak untuk orang diluar sana. Karna kalo dipikir-pikir kerja kalo cuma kerja tanpa adanya manfaat untuk orang lain gue rasa akan selalu ada "lubang" di hati dan pikiran orang yang melakukannya, cuma mereka belum sadari.

manusia akan selalu mempunyai desire untuk bisa bermanfaat untuk sesamanya, dalam cara apapun. karena memang betul "sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain."

gue juga selalu yakin akan hal apapun yang kita kerjakan nantinya.. asal ada makna di dalamnya, hal tersebut tidak akan membingungkan. dan meskipun hal yang kalian kerjakan tidak kalian sukai sekalipun nantinya akan selalu ada makna yang menguatkanmu untuk tetap mengerjakan hal tersebut dan bertahan. makna membuatmu menjadi lebih tegar, dan kuat terhadap pilihan-pilihan hidup. 
 
dulu waktu sd, gue pernah ada acara "aku suka makan ikan" diadakan oleh bumn dalam rangka untuk mendidik anak anak untuk lebih suka makan ikan. di acara itu ada satu band yang setelah tampil banyak sekali dimintai tanda tangan oleh anak-anak, dan spontan gue juga ikut dalam antrian barisan orang yang meminta tanda tangan itu. karena saking panjang antriannya di tengah-tengah antrian gue mikir "what the fuck am i doing?" "apa yang sebenernya kulakukan sekarang ini? bandnya bahkan ga kukenal dan apa gunanya tanda tangan ini setelah kudapatkan?" langsunglah gue cabut dari antrian tersebut dengan wajah curiosity yang membabi buta. 

jujur gue salut sama diri gue pada saat itu dengan apa yang gue lakukan. ini berarti pertanda bahwa gue sadar dan berfikir. gue juga yakin kedepannya "tanda tangan" itu akan hilang di antara lembaran kertas dan tumpukan buku yang berdebu. 

___

oh ya belakangan ini juga gue menyadari bahwa makna juga bisa menjadi solusi terhadap hal yang tidak kita sukai, contoh simpelnya gue sebenernya sangat benci untuk mengganti warna pada sebuah foto, tapi karna mengganti warna sangat krusial untuk emosi dan juga cara gue untuk menyampaikan perasaan secara visual maka akan tetap kulakukan. 

gue juga gasuka memakai hastag dalam semua postingan social media gue karena hal ini terlihat begitu "spammy". reach bigger audiens menggunakan hastag = akan ada lebih banyak orang yang terimpact akan karya-karya gue maka hal ini pun akan gue lakukan.

gue juga gasuka ketika hobi gue berubah menjadi sebuah pekerjaan karena lagi-lagi maknanya akan berubah. akan selalu ada pihak ketiga di dalamnya yang mana hobi ini bukan lagi tentang diri gue. apalagi kalo udah menyangkut masalah seberapa banyak engagement dan angka yang harus didapatkan. jujur dari dulu gue di social media pure cuma untuk mengekspresikan diri, itulah kenapa gue jarang sekali upload karena hal-hal yang gue upload biasanya tentang keresahan atau just a little update about life. jangan heran ketika banyak sekali creator yang burn out, karena gue yakin apa yang mereka ekspresikan bukan lagi dari dalam diri.

apa artinya sebuah foto dengan komposisi ciamik dengan pengambilan gambar yang sempurna tanpa sebuah makna di dalamnya? foto dengan gambar yang blur, tidak jelas sekalipun jika ada makna di dalamnya maka foto itu akan menjadi hidup bahkan tidak lekang oleh waktu.

kalo kalian sadari juga oscar (ajang penghargaan tertinggi perfilman di amerika serikat) jarang atau bahkan gapernah memilih visual dibandingkan makna/cerita. mereka selalu fokus akan film yang bermakna atau isu isu sosial yang diangkat, dengan lewat visual yang bisa bercerita sesuatu dan bisa menyiratkan sebuah makna juga memunculkan interpretasi ketika menyaksikannya akan selalu dikenang. mau sekeren apapun film avenger, transformer akan selalu kalah dengan film film seperti oppenheimer atau the zone of interest. karena film film ini tersimpan diingatan bukan yang hanya hilang tertimpa visual.

updated the article at 00:33 22 maret 2024

___

lihat bagaimana ketika manusia menemukan makna dalam hidupnya..

updated the article at 14:32 16 april 2024