Cara Mudah Mengatasi Xinput1_3.dll Is Missing

Cara Mudah Mengatasi Xinput1_3.dll Is Missing


Cara Mengatasi Xinput1_3.dll Is Missing, pesan error xinput1_3 ini akan muncul dengan pesan dengan tulisan seperti ini..
The program can't start because XINPUT1_3.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem

Pesan System Error seperti diatas akan kalian temukan ketika menginstall game pada windows 10, windows 8 bahkan pada semua jenis wondows. Terlebih lagi jika kalian bermain game berat seperti Sniper Warrior Ghost 2, PES 2016, ataupun Naruto Ultimate Ninja Storm. Hal seperti ini terjadi dikarenakan DirectX atau Framework kalian belum terinstall ketika memainkan game tersebut. Pada kali ini bangbil akan memberi contoh masalah xinput1_3.dll yang terjadi pada game PES 2016.

Cara Mengatasi Xinput1_3.dll Is Missing pada PES 2016


Perlu diingat bahwa cara ini berlaku untuk semua game yang mengalami masalah Xinput1_3.dll hanya saja kali ini bangbil akan contohkan pada Game PES, Maaf jika gambar pada tutorial kali ini buram tetapi setidaknya kalian akan mendapatkan gambaran. 

1. Cari dimana kalian menginstall game yang terkena xinput, pergi ke My Computer lalu buka folder C:\Program Files\Pro Evolution Soccer 2016\_CommonRedist

Bagi kalian yang tidak menemukan folder _CommonRedist, bisa diakali langsung dengan men-download secara manual pada website official microsoft dan sesuaikan dengan tipe windows yang kalian pakai, untuk mengatasi xinput1_3 ini.

2. Jika kalian menemukan folder _CommonRedist, Pada Folder tersebut akan terdapat file DirectX dan DotNet. Ingat masalah xinput terjadi karena adanya file Directx atau Framework yang belum terinstall maka tugas kalian adalah cukup menginstallnya.

Jika DirectX kalian yang belum terinstall Masuk ke folder DirectX lalu pilih file yang bernama DXSETUP.exe 

DXSETUP.exe


Jika .NET Framework kalian yang belum terinstall, masuk ke folder DotNet lalu pilih file yang bernama setupx40_client bla bla bla...  

setupx40


Jika vredist yang belum terinstall, silahkan masuk ke folder vredist lalu pilih file yang sesuai dengan tipe windows yang sedang digunakan 64bit atau 32bit. 

Untuk 64 bit dan 32 bit

Jika sudah diinstal semua Setup DirectxFramework. dan vredistnya maka sudah dipastikan bahwa masalah Xinput1_3.dll Is Missing sudah menghilang. Sekarang kalian bisa memainkan gamenya.

Cara Mengetahui Type Bit Windows


Solusi untuk kalian yang belum mengetahui type bit windows apakah 32 bit atau 64 bit caranya cukup mudah, silahkan klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties disini kalian bisa melihat tipe 32 Bit (x86) dan 64 Bit  (x64) 

System type



Intinya untuk Mengatasi Xinput1_3.dll Is Missing yang paling penting adalah Directxnya, jika di folder tidak ada commonredistnya hanya ada DirectX berarti kalian hanya diminta oleh gamenya untuk menginstall directxnya saja. Cara mengatasi xinput ini 100% berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika menginstall Naruto Ultimate Ninja Storm. Semoga membantu untuk Gamers untuk mengatasi masalah ini ya.