Cara Mudah Mengetahui Alamat Rumah Sendiri

Cara Mudah Mengetahui Alamat Rumah Sendiri


Pernah kalian kebingungan dan tidak mengetahui alamat rumah sendiri? Hal ini terjadi kepada gue, kebetulan rumah yang gue tempati adalah kos, semacam ruko (rumah toko). Di lokasi tempat gue tinggal sama sekali tidak terdapat alamat rumah atau identitas apapun, pemilik kos-pun kebingungan ketika gue bertanya apa alamat rumah ini.

Aneh rasanya ketika kita tidak mengetahui identitas rumah yang kita tempati, terlebih lagi gue cukup sering untuk berbelanja online atau memesan makanan lewat aplikasi seperti Gojek atau Grab. Alhasil orderan yang gue pesan sering miss / salah antar ke tetangga sebelah, oleh karena itu penting untuk mengetahui alamat rumah sendiri.

Nah, pada artikel kali ini gue akan membagikan sedikit trik bagaimana cara mencari dan mengetahui alamat rumah kita sendiri dengan mudah. Disini gue tidak membicarakan lokasi, karena dengan Google Maps dan GPS kalian sudah bisa mengetahui dimana lokasi kalian berada. Tapi untuk alamat rumah?

Cara Mengetahui Alamat Rumah Sendiri


1. Jika kalian ingin mengetahui alamat rumah sendiri, setidaknya kalian harus mengetahui apa nama dari jalan di sekitar tempat kalian tinggal. Untuk mengetahuinya kalian bisa menggunakan Google Maps dan menghidupkan GPS atau keluar rumah dan lihat rambu jalan di sekitar tempat kalian tinggal.

Contoh : Jalan Jetis Kulon, Jalan Ngagel Raya, Jalan Karah, dan nama jalan lainnya..

2. Selanjutnya buka aplikasi Google Maps lalu ketik nama jalan di sekitar tempat kalian tinggal.

Cara Mengetahui Alamat Rumah Sendiri


3. Untuk mengetahui pasti lokasi detail dan bagaimana keadaan jalannya, kalian bisa menggunakan fitur Street View pada Google Maps supaya lebih jelas apakah memang benar ini jalan di sekitar tempat kamu tinggal.

Cara Mudah Mengetahui Alamat Rumah Sendiri


4. Pada Street View kalian akan melihat tanggal kapan terakhir kali Google Street View memperbarui pemandangan sekitar, contohnya pada gambar dibawah ini terakhir di update pada Tahun 2014.

Maka jangan heran ketika pemandangan yang kalian lihat sekarang di Google Street View berbeda dengan yang ada di sekitar tempat tinggal kalian karena tidak menutup kemungkinan adanya konstruksi pada tahun tahun berikutnya sehingga tampilan pemandangan pada Google Street Viewnya berubah.

Cara Mudah Mengetahui Alamat Rumah Sendiri


5. Jika sudah bertemu dengan rumah sendiri pada tampilan google street view, sekarang kembali ke tampilan google maps. Kalian cari dimana kira kira lokasi rumah yang sudah kalian temukan pada Google Street View.

Nah, untuk mengetahui alamat rumahnya kalian tinggal klik saja seperti gambar dibawah ini, nanti alamat rumahnya akan muncul secara otomatis.

Cara Mudah Mengetahui Alamat Rumah Sendiri

Harap diingat bahwa untuk mengetahui alamat rumah, patokannya adalah jalan yang ada di depan rumah, persis seperti contoh gambar diatas.


Ya, Betul sekali apa yang dikatakan oleh andrie, Google Maps sendiri memang belum bisa untuk masuk dan mengakses sampai ke gang gang kecil, oleh karena itu mereka tidak bisa memperoleh data gambar pada daerah terpencil seperti itu.

Karena untuk mengambil gambar atau pemandangan pada lokasi tertentu Google Maps menggunakan mobil. Gue sendiri pernah beberapa kali menjumpai Google Maps yang berjalan di depan rumah gue, dan mereka benar tidak masuk ke gang kecil.

Mobil Google Maps

Berarti untuk kalian yang rumahnya ada pada gang gang kecil, sayang sekali cara ini tidak bisa dilakukan maka, sebaiknya kalian bertanya alamat rumah kalian langsung kepada tetangga atau RT RW sekitar. Sekian tutorial tentang Cara Mudah Mengetahui Alamat Rumah Sendiri gue harap kalian bisa menemukan alamat kalian menggunakan trik ini.