Tips Memilih Domain yang Baik Untuk Blog atau Website Kamu

Tips memilih domain

Tips Memilih Domain yang Baik Untuk Blog atau Website Kamu - Bagi kamu seorang blogger apalagi yang profesional atau bisa dibilang pebisnis online, memiliki sebuah blog ataupun situs dengan domain yang unik adalah sesuatu yang penting karena nantinya akan menjadi identitas dari situs kamu bahkan akan menjadi identitas kamu loh sobat. Banyak diskusi diluar sana yang membahas tentang bagaimana sih cara memilih dan membeli domain yang baik untuk sebuah situs. Tapi kalian sendiri apakah tau apa sebenarnya pengertian domain itu? Di bawah ini adalah pengertian domain menurut wikipedia :

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Tips Memilih Domain yang Baik untuk Website/Blog Kamu 

Pertama : Pilih nama domain yang sesuai dengan nama atau bisnis kamu.
Bila anda membuat sebuah website / blog untuk tujuan promosi atau menjual produk atau jasa misalnya situs kamu membahas tutorial blogger atau yang lain lain seperti Billy-Art.com maka kamu bisa memilih menggunakan nama kamu dengan ditambahi karakter seperti nezerbilly.com atau yang lainnya yang lebih spesifikasi ke blog jadi tutorialblogger.com atau yang lainnya.

Misal juga kamu jual produk baju keren maka akan lebih baik jika kamu memilih nama domain yang berhubungan dengan baju. Contoh, misalnya membuat website/ blog untuk promosi atau menjual baju original, nah maka sebaiknya kamu memilih domain : bajukuori.com, bajuoriginal.com ataupun bajuoriginalmurah.com, dan lain-lain kreasikan sendiri ya..

Kedua : Melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain

Sebaiknya sobat juga melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain sobat mengandung kata kunci bisnis sobat, memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit tentunya akan banyak mendatangkan visitor bagi sobat semuanya.

Gunakan bantuan Google Adwords: Keyword Tools Google Keyword Planner untuk membantu anda menemukan keyword yang cocok untuk nama domain kamu.

Bila kamu sendiri membuat website/ blog pribadi, maka sebaiknya anda menggunakan nama anda atau nama panggilan anda sebagai domain, misalnya nezerbilly.com (ditambahi karakter nezer atau yang lainnya) sesuaikan kreasi sobat atau singkatan dari nama sobat misal : birapu.com (billy ramadhan purwanto) wkwk

Ketiga : Pilih nama domain yang mudah diingat dan Gunakan domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. 

    Ini penting ya sobat, ketika kamu memberitahu seseorang nama domain kamu. Misalnya melalui telepon domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti, pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain. jadi sekali lagi pilih domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. 

    Keempat : Sebaiknya anda menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com (.com) untuk nama domain anda.
    Eitt sebelum memilih domain pastikan kalian tau dulu ya apa arti dari nama domain tersebut ya! silahkan baca Arti Nama Ekstensi Domain, Com, Net, Org dan Lainnya.(Nanti di artikel ini akan membahas apa itu TLD serta Ekstensinya) jadi wajib baca! 

    Nah, TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat loh sobat, termasuk sobat semuanya tentunya. Misalnya ketika kalian membuka domain dengan kata yang sama, misalnya baju original, biasanya orang akan tentu akan mencoba membuka situs berekstensi dot com terlebih dahulu. Untuk mengecek ketersediaan nama domain, kamu bisa menggunakan bantuan situs ini domainsbot.

    Kelima : Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN 

    Karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs kamu! dan tentunya image kamu sendiri~ .Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain kamu mengandung kata-kata yang berbau SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs kamu diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs kamu.

    Keenam : Hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain anda.

    Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan (lah? kan Billy-Art.com ada karakter minusnya tuh) iya soalnya billy art yang gaada minusnya udah di comot sama tentangga wkwk..

    Tanda tanda seperti Ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO (Search Engine Optimization) sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya kamu menggunakan tanda minus (-). Seperti Billy-Art.com

    Ketujuh : Jangan membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang
    misalnya: lazada.co.id, Olx, Bukalapak, amazon.com dan lainnya.. sama sekali jangan pernah berpikir untuk membeli domain yang mirip dengan domain tersebut ya sobat karena kemungkinan besar sobat bakalan dituntut oleh perusahaan pemilik merek dagang tersebut.

    Kedelepan : Beli domain hanya dari registrant yang terpercaya dan dengan harga terjangkau.

    Pastikan registrant kamu terpercaya salah satu registrant domain adalah Namecheap.com, selain harganya murah fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Namecheap menawarkan harga domain standart sekitar $9.98 per domain per tahun, akan lebih murah lagi bila kamu memiliki kupon diskon. Selain itu mereka juga memberikan fasilitas whois guard dengan gratis (hanya di tahun pertama), sedangkan pada registrant lain biasanya akan dikenakan biaya. (hesteg #bukanpromo)

    Bagi yang belom tau apa itu domain hasil carding dan apa itu carding sendiri kalian bisa cek di artikel ini : Ciri Ciri Domain Hasil Carding

    Jika kalian sudah register dengan www.namadomainmu.com , .net atau yang lainnya jika kalian ingin cek expired (hari habis masa domainnya) kalian bisa langsung baca artikel ini : Cara Cek Domain Expired dengan Mudah

    Setelah membaca semua artikel diatas, mudah-mudahan kalian semuanya pembaca Blog Billy-Art bisa menemukan domain yang cocok dengan blog atau website yang akan kalian bangun. Bila ada masukan dan pertanyaan silahkan kirimkan di kolom komentar bawah ya..