Cara Ujian Online Lewat HP Menggunakan Moodle

Cara Ujian Online Lewat HP

Ujian Online Lewat HP - Guru kami, memunculkan ide baru untuk membuat ujian online agar bisa dikerjakan lewat hp dengan menggunakan aplikasi moodle. Tentunya hal ini sangat menguntungkan dari segi waktu dan efisiensi, pasalnya sekolah kami kekurangan komputer sehingga harus antri untuk ujian online.

Karena keterbatasan komputer yang tersedia pada tiap sekolah, maka dengan adanya ujian online lewat hp inilah yang akan sangat membantu untuk mengatasi masalah ini. Karena siswa yang mendapat antrian paling belakang bisa pulang hingga sore hari.

Ujian lewat hp bukan berarti kalian bebas untuk mengerjakan soal ujian dimana saja, karena untuk mengakses soalnya kita harus tersambung dengan jaringan wifi yang di khususkan untuk ujian. Untuk mencegah kecurangan pada ujian online seperti melakukan browsing saat mengerjakan soal.

Tutorial Ujian Online Menggunakan HP 


Perhatikan langkah langkahnya dengan baik ya, saya sendiri ingin menyampaikan bahwa tutorial cara ujian online lewat hp ini berbeda beda di setiap sekolahnya. Saya hanya ingin menyampaikan cara yang dipakai sekolah saya.

1. Pertama, silahkan kalian download lalu instal aplikasi Moodle untuk mengakses soal ujiannya 

2. Pastikan posisi kalian sekarang sedang berada dalam lingkungan sekolah, karena untuk mengakses soal ujiannya, diharuskan untuk menggunakan wifi jaringan yang dikhususkan hanya untuk ujian.

3. Selanjutnya, sambungkan dengan jaringan wifi yang ada di sekolah kalian contohnya disini  "SISWA SMK KARTIKA 1" (tinggal connect saja tanpa password). 

Wifi Siswa SMK Kartika 1

Selain untuk mengakses soal ujian, kalian tidak bisa menggunakan wifi ini untuk kegiatan browsing atau chatting hanya khusus untuk ujian saja.

4. Buka aplikasi Moodle yang sudah kalian download pada langkah pertama, lalu masukkan IP Address yang diberikan oleh Guru IT kalian, contohnya 192.168.212.1/moodle31 masukkan pada site address. Jika sudah tap Connect! 

Site address connect to Moodle

5. Berikutnya masukkan Username dan Password yang diberikan oleh Guru IT pada sekolah kalian.

Isi Username dan Password


Cara Mengganti Password Akun Moodle 


Setelah login, sangat disarankan untuk mengganti password default pada akun moodle kalian. Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

1. Silahkan masuk ke aplikasi browser pada hp kalian (contoh : UC browser, google chrome, firefox)

2. Lalu tulis IP 192.168.212.1/moodle31 pada kotak pencariannya.

IP Address Moodle


3. Lalu silahkan login menggunakan username dan password default.

Login

4. Tekan tombol change password lalu masukkan :
  • Current Password : Masukkan password lama
  • New Password : Masukkan password baru
  • Confirm New Password : Masukkan ulang password baru
5. Selanjutnya tap Continue otomatis password kalian sudah terganti dan akun moodle kalian sekarang aman.

Cara Mengerjakan Ujian Online 


Sebetulnya untuk mengerjakan ujian online ini sama saja seperti pengerjaan pada komputer, karena mungkin sebagian dari kalian ada yang bingung maka saya buatkan tutorialnya.

1. Setelah login pada aplikasi Moodle Mobile kalian akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini. Silahkan pilih pelajaran sesuai dengan jadwal ulangan pada hari tersebut.

Soal Moodle

Info tambahan : Jika kalian lupa jadwal ulangannya kalian bisa melihat pada Calender events.

Calender Events

2. Untuk mengakses soal ujian, selanjutnya kalian bisa mengikuti petunjuk dari gambar ini.

General >  Soal

Start attempt > Send

4. Kerjakan soal seperti biasa, untuk melompati soalnya kalian bisa tap tombol panah berwarna biru seperti ini. Tenang saja nantinya kalian bisa kembali lagi ke soal yang sudah di lompati.

Next Soal

5. Jika soal sudah dikerjakan, tap Submit All and Finish lalu pilih Yes. Semoga nilai yang kalian dapat memuaskan ya! good luck!

Cukup untuk tutorial bagaimana cara untuk ujian online lewat hp, perlu diingat bahwa tutorial ini saya khususkan untuk teman teman yang ada di sekolah saya. Jadi, jika sekolah kalian juga menggunakan sistem ujian online lewat hp ini maka syukurlah. Ingat bahwa cara ujuan online lewat hp tiap sekolah berbeda beda ya, tidak semua sekolah menggunakan aplikasi moodle untuk ujian online mereka.