Cara Mengecek Apakah Artikel Blog Terkena Plagiarisme

Plagiarism atau plagiat adalah tindakan yang gaakan pernah bisa kita hindari terutama kalo kita hidup di era sekarang, eranya digital. Yang mana plagiat sendiri bisa terjadi meskipun tidak kita sadari terutama pada artikel blog. Maka kita diharuskan untuk mengecek apakah benar artikel blog kita terkena plagiarisme atau tidak.

Cara Mengecek Apakah Artikel Blog Terkena Plagiarisme
Gambar Oleh : plagiarismdetector

Yang jadi pembeda antara konten atau artikel plagiat dengan yang tidak adalah...

Menurut gue, arti dari kata plagiat sendiri itu tindakan yang meniru semua isi dari hasil kerja seseorang (sama persis seluruh isinya) entah itu dari perkata, gambar, atau hal detail kecil lainnya. Bedanya dengan yang tidak biasanya akan ada pembeda, pembeda inilah yang menunjukkan bahwa kalian tidak melakukan tindakan plagiarism tetapi terinspirasi, memberi credit apresiasi berupa inspired by: (terinspirasi oleh) tentu menjadi point plus pada sebuah artikel blog ketika dia mendapatkan inspirasi dari apa yang dia baca. Hal ini tentu akan membuat kalian terhindar dari tindakan plagiarism.

Google Adsense tidak Menerima Konten Blog Plagiat

Google Adsense juga menerima blog berdasarkan tingkatan plagiarism dan uniquenya pada suatu artikel blog, Gue sendiri pernah apply blog bangbil.com ke Google Adsense dan selalu terkena Policy Privacy yang ternyata penyababnya bangbil baru sadari adalah artikel lama bangbil yang mengandung banyak sekali kata kata copas yang menyebabkan terkenanya plagiarism. Padahal gue sendiri selalu menulis dengan tangan dan apa yang ada di pikiran gue, tapi tetap saja hal ini tidak cukup untuk membuat kalian terhindar dari plagiarisme pada artikel blog.

Oleh karena itu kalian memerlukan alat untuk mengecek apakah konten yang kita muat pada blog terkena plagiarisme atau tidak?

Banyak alat cek plagiarisme online yang tersedia, salah satu yang paling populer di kalangan para blogger adalah Copyscape, hanya dengan memasukkan link artikel yang telah kalian publish maka kalian sudah bisa mengetahui website mana saja yang membuat artikel dengan kata kata yang persis sama dengan artikel yang kalian buat.

Cara mengecek apakah artikel blog terkena plagiarisme ini, juga efektif untuk mengetahui mana artikel yang asli dan mana yang copas (copy paste saja) dan inget jika kalian ingin menggunakan copyscape, gunakan dengan bijak. Karna alat ini ada batasan penggunaanya dalam 1 hari kalo gasalah sekitar 5 sampai 10 submit saja jika ingin submit lebih harus upgrade ke akun premium copyscape.

Copyscape - Alat Untuk Mengecek Konten Plagiarism

Atau kalian bisa menggunakan alat plagiarism alternatif selain copyscape yaitu, Search Engine Reports bedanya dengan copyscape, disini kalian bisa copas teks artikel yang belum kalian publish. Alat ini cukup akurat menurut gue dalam mencari mana kalimat yang plagiarized.

Cara Mengecek Apakah Artikel Blog Terkena Plagiarisme

Gue sarankan untuk menggunakan fitur teks daripada url untuk mengecek apakah artikel kalian plagiat atau tidaknya kenapa teks? ya supaya lebih akurat. Yang paling asik di Search Engine Reports batasan limit katanya adalah 2000 sedangkan website plagiarism online pada umumnya mempunya batasan 1000 kata aja per scan.
Cara Mengecek Apakah Artikel Blog Terkena Plagiarisme

Setelah kalian mengetahui mana kata kata yang mengandung plagiarism, sekarang tugas kalian adalah menyusun ulang kata kata tersebut sehingga tidak terdeteksi sebagai "plagiat"

Selain menggunakan plagiarism tools, untuk menghindari plagiarisme kalian juga bisa lakukan :

  • Pelajari bagaimana cara untuk menyusun ulang artikel yang telah kalian lihat
  • Rencanakan artikel, seperti apa yang banyak ditanyakan oleh audiens dari artikel yang akan dibuat, dengan cara ini kalian akan mendapatkan lebih banyak konten asli
  • Berikan credit ketika kalian mengutip perkataan atau karya mereka.


Ingat, penting untuk rutin mengecek apakah artikel blog yang kita buat terkena plagiarisme atau tidak pada setiap artikelnya karena hal ini yang juga akan meningkatkan kualitas artikel kalian pada mata pencarian google. Semoga bermanfaat..