Cara Menyembunyikan Widget Blog di Tampilan Mobile


Banyak tutorial di google tentang cara menyembunyikan widget blog pada tampilan mobile yang ketika gue terapkan, kebanyakan dari mereka tidak bisa di terapkan ini artinya kebanyakan dari tutorialnya sudah lawas dan belum di update. Berhubung gue ingin menyembunyikan widget blog gue pada tampilan mobile atau hp maka kita harus tau dulu alasannya.

Widget sendiri adalah salah satu dari fitur yang blogger sediakan, dan juga bisa kita sesuaikan dimana tempatnya dengan mudah pada menu tata letak. Pada umumnya fungsi widget adalah menambahkan fitur tambahan pada blog kita contohnya : Widget Newsletter atau Popular Posts. Lalu apa alasannya kita menyembunyikan widget seperti ini pada tampilan moible?

Kenapa Menyembunyikan Widget Blog pada Tampilan Mobile?


1. Mempengaruhi Tampilan Blog

Alasan yang pertama buat gue kenapa harus menyembunyikan widget blog adalah adanya beberapa widget berukuran besar jika widget blog tersebut tampil pada mobile dan yang tadinya ada di sidebar kanan ketika tampil di pc widget seperti ini akan menumpuk kebawah dan menjadikan blog kita berantakan.

Dan setelah dipikir pikir jika gue menjadi pengguna yang mengakses blog gue juga rata rata kecil kemungkinan mereka menggunakan widget widget ini, kebanyakan dari mereka yang berkunjung pasti hanya membutuhkan informasi yang ada lalu keluar dari blog begitu saja, jadi gue putuskan untuk menyembunyikan widget seperti newsletter dan latest post ini

Contoh Widget Blog pada Tampilan Mobile

2. Meringankan Loading Blog

Seperti yang kalian ketahui, menambahkan banyak widget cukup berpegaruh pada kecepatan akses blog kita, pada tampilan desktop? masih bisa dibilang ok lah ya. Yang jadi masalah disini adalah ketika menambahkan banyak widget pada tampilan mobile.

Ketika gue browsing tentu berat atau ringannya suatu blog akan mempengaruhi terhadap sesuatu konten yang mereka sediakan, blog ringan maka gue langsung mendapatkan informasi, blog berat maka otomatis gue akan pergi ke blog lain sekalipun itu ada di halaman pertama google. Menyembunyikan widget blog pada tampilan mobile tentu akan berpengaruh pada kecepatan blog, dan juga kenyamanan pengunjung blog.

Karena alasan kenyamaan dan kecepatan sebuah blog gue memutuskan untuk menyembunyikan widget blog gue pada tampilan mobile atau hp..

Cara Menyembunyikan Widget Blog di Tampilan Mobile


1. Untuk menyembunyikan widget blog kalian harus mengetahui ID Widget blog yang nantinya ingin kalian sembunyikan pada tampilan mobile, caranya cukup pergi ke Tata Letak blog lalu letakkan cursor pada tulisan Edit seperti ini..

Gue contohkan ketika gue ingin menyembunyikan widget Newsletter  

Widget ID

2. Setelah mendapatkan Widget ID, sekarang masuk pada bagian Template lalu Edit HTML

Cara Menyembunyikan Widget Blog di Tampilan Mobile

3. Sekarang cari ID Widget tersebut, gunakan shortcut CTRL + F pada keyboard untuk mempermudah pencarian.

Cara Menyembunyikan Widget Blog di Tampilan Mobile

4. Jika sudah bertemu ID Widgetnya, sekarang letakkan code dibawah ini untuk menyembunyikan widget blog pada tampilan mobile, letakkan code sesuai dengan gambar diatas.

<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == "false"'>

Jangan lupa untuk meletakkan code penutup </b:if> supaya tidak terjadi errror ketika di simpan. Sebaliknya jika kalian ingin menampilkan widget yang tersembunyi hapus saja code tersebut.

Sekarang coba kalian test, buka blog kalian via hp apakah widget yang kalian maksud sudah tidak terlihat atau belum, cara menyembunyikan widget blog pada tampilan mobile wajib kalian lakukan untuk memperingan akses terhadap blog.