Scam Paling Populer di Game Growtopia

Scam paling populer di growtopia

Scam, menjadi salah satu alasan populer kenapa Growtopia banyak ditinggalkan oleh Playernya. Kebanyakan dari mereka yang sudah terkena scam, malah melakukan scam juga ke orang lain dan hal ini terus berkelanjutan. Ini salah satu contoh kenapa scam menjadi masalah yang sangat populer di game growtopia

Dengan banyaknya masalah scam ini, gak banyak player Growtopia yang terkena scam melampiaskan komplain pada rating dan ulasan di aplikasi Growtopia - Playstore, sehingga Growtopia sendiri mendapat rating 3,6 pada Playstore. 

Padahal dari segi apapun Growtopia bisa dibilang game layak untuk diberikan 5 star, karna game ini bisa dibilang game yang bikin addict (candu) karna sistem game ini yang mirip dengan dunia real life (asli).

Karna seperti yang kalian tau, kebanyakan Player Growtopia berusia kurang dari 16 tahun, dan bisa dibilang 60% pemain growtopia adalah dari negara indonesia. Faktor usia inilah yang juga menjadi penyebab banyaknya player yamg terkena scam, karna mereka gampang sekali terhasut, tertipu,  atau bisa dibilang mudah percaya pada seseorang. Oleh karena itu artikel ini ditujukan untuk kalian diluar sana yang minim usia tapi ingin mengetahui cara kerja scam paling populer di growtopia.

Apa Scam yang Paling Populer di Growtopia ?


Scam di Growtopia sendiri banyak jenisnya terutama yang populer ada Drop Game, Vending Dirt, Change Address Scam, dan banyak scam yang lainnya. Tapi tahukah kalian Scam yang paling populer di growtopia dari dulu sampai sekarang adalah Phising bahasa indonesianya adalah pengelabuan / mengelabui / mengiming imingi / menghasut jadi phising ini adalah penipuan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara mengelabui targetnya demi mendapatkan data atau informasi akun kalian! 

Kenapa phising menjadi scam yang paling populer di Growtopia? 

Yaitu, karna sistem dan cara kerjanya! ketika si pelaku phising sudah mendapatkan informasi korbannya, mereka akan menggunakan akun si korban ini untuk menyebarkan lagi lewat super broadcast dan terus terusan selama ada yang masih terhasut scam phising ini gaakan hilang dari growtopia. 

Dengan cara apa mereka menyebarkan Phising ini?


1. Website Growtopia Palsu

Jadi, pelaku phising biasanya membuat website growtopia palsu untuk menarik perhatian si korbannya, biasanya mereka mengiming imingi giveaway, item, gems, atau wl gratis. Padahal website growtopia sendiri yaitu growtopiagame.com tidak pernah meminta password playernya sekalipun dan  untuk alasan apapun! 

Contoh website palsu Growtopia seperti ini : 



Cara mengetahui jika website growtopia palsu atau tidak :

  • Domain (nama) websitenya aneh, kebanyakan domain website game official selalu menggunakan .com bukan .xyz / .ml / dan sejenisnya.
  • Ketika kalian masukkan growid dan password asal asalan mereka akan tetap terima, Ini aja udah gak masuk akal.

Kalian bisa spam memasukkan id dan password asal asalan supaya yang punya website phising bingung yang mana id dan password yang bisa di login, karna dia harus login satu satu id dan password yang dimasukkan ke website tersebut. Ini salah satu cara untuk troll yang punya website phising kampret ini.

 Masih banyak juga player baru yang tertipu dengan maraknya website palsu growtopia yang tersebar di pesan SB (Super Broadcast) Growtopia. Biasanya SB tersebut berisi : 
  • Your pass has been hacked! change now at (website palsu)
  • Congratulations You won (item) claim now at (website palsu)

Segala super broadcast yang mengarahkan kalian ke website aneh semacam growch.ml, topgt.ml, topia.ml percayalah itu semua hanyalah Phising.



Selain Super Broadcast, biasanya banyak juga Spammer di in-game yang isi pesannya menyuruh seseorang untuk datang ke world mereka dengan mengiming imingi akan dapat sesuatu secara gratis. Biasanya di world terdapat bulletin board yang isinya tutorial yang nantinya akan mengarah ke website phising juga ujung  ujungnya. 
Jangan percaya pada website apapun, selain growtopiagame.com

2. Aplikasi atau Software Cheat Growtopia yang mengandung Save.Dat

Apa itu save.dat? save.dat ini semacam file yang menyimpan informasi atau data akun kalian ketika kalian login.  

Sampai sekarang banyak player yang menginginkan software atau aplikasi seperti auto farming, spam, hack dan lain sebagainya. Padahal yang mereka tidak ketahui adalah ketika mereka memasang  software aplikasi tersebut, data login dari akun mereka telah tercuri. 

Biasanya aplikasi atau software cheat growtopia yang mengandung save.dat akan di sebarkan pelaku melalui pesan Super Broadcast, biasanya pesannya berisi  
  • New item Duplication! Tutorial on Youtube 
  • New Gems Generator 
Untuk lebih meyakinkan korban biasanya digiring terlebih dahulu untuk melihat video youtubenya dan pasti akan ada link yang berisi software / aplikasi di deskripsi videonya seperti ini : 


Bahkan Advanced Account Protection (AAP) Growtopia, ga mampu untuk menahan seseorang yang login dengan IP berbeda, sehingga akun masih tetap bisa jebol dikarnakan AAP Growtopia masih lemah pada saat itu karna Growtopia baru menerapakan sistem AAP ini. 

Ini adalah salah satu screenshot yang gw ambil ketika salah satu player masih bisa di hack, meskipun dia punya 16 Huruf password, dan telah mengaktifkan AAP tapi tetep masih bisa ke hack.


Jadi jangan pernah coba coba cuntuk menginstal aplikasi aneh yang kalian sudah curigai

Cara yang dilakukan Growtopia Staf untuk mengatasi Phising


1. Mengadakan AAP Verification Password

Apa itu AAP (Advanced Account Protection)? 
intinya, jika ada seseorang yang mengetahui id dan password kalian dan login di IP yang berbeda dengan IP yang biasa kalian main. Fitur AAP ini yang akan mengirim konfirmasi apakah ip tersebut boleh login ke akun kalian atau tidak.


Syarat untuk mengaktifkan fitur AAP (Advanced Account Protection) ini adalah kalian harus mempunyai email aktif dan harus sama emailnya ketika kalian waktu daftar growtopia pertama kali.

2. Menyuruh Player untuk melakukan Perubahan Password 

Baru baru ini growtopia bisa mendeteksi mana password yang lemah dan gampang untuk di tebak oleh karena itu ketika kalian login, kalian akan disuruh untuk mengganti password seperti ini



3. Banned player yang melakukan SB Phising

Yang melakukan banned terhadap para penyebar website atau aplikasi phising adalah moderator atau staf growtopia, oleh karena itu kadang gw juga ngeliat SB semacam ini ga kena Banned. Mungkin pada saat itu moderator sedang tidak online. Yang gw pertanyakan kenapa growtopia belum juga melakukan auto-banned terhadap sb broadcast yang menyertakan website di dalamnya?

4. Melakukan Filter website 

Gw pernah melakukan super broadcast dengan tujuan untuk mempromosikan Blog gw ini ke anak growtopia lain, isinya "Baca tutorial tentang Growtopia di bangbil.com"

Tapi ketika gw melakukan sb tersebut, pesan super broadcastnya hanya bisa dilihat oleh gw aja. Jadi semua orang ga ngeliat sb gw. Jadi pikiran gw pada itu, "loh kok gaada orang yang masuk ke world gw ya? padahal gw udah sb" nah muncullah pikiran gw bahwa growtopia sudah melakukan filter pada sb, yang didalamnya tidak di bolehkan ada nya link atau sb kalian tidak terlihat (sama aja kaya ga sb)

Jadi, Phising inilah scam yang paling populer yang ada di growtopia. Jadi kalian harus berhati hati ya kedepannya ketika kalian menemukan hal semacam ini.