Cara Blokir Akses Orang di Wifi Indihome HG8245H5

Sebenarnya Cara Blokir Akses Orang di Wifi Indihome HG8245H5 itu mudah dan tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ataupun software untuk melakukannya, Karena pada dasarnya wifi indihome sendiri itu sudah menyediakan fitur untuk mengetahui siapa aja sih yang mengakses wifi indihome kalian dan bagaimana cara blokir seseorang yang mengakses wifi indihome kita.

Gw sendiri berlangganan Wifi Indihome dengan kecepatan 20Mbps, gw upgrade kecepatan dari  yang sebelumnya 10 Mbps menjadi 20 Mbps dengan harga per bulan yang sama. Nah gw perhatiin yang membedakan adalah tampilan website configuration modemnya berubah, yang berarti tiap jenis atau tipe wifi indihome itu berbeda contohnya ZTE, Alcatel, Tp-link. Masing masing punya tampilan yang berbeda pada website configurationnya.

Cara Blokir Akses Pengguna di Wifi Indihome ini juga efektif digunakan untuk membatasi penggunaan wifi indihome, apalagi ketika kalian sudah memberikan password wifi indihome kalian dan tidak mau ribet untuk mengganti password wifi indihome (karna dia selalu tau passwordnya) cukup blokir saja langsung pengguna tersebut. Jadi, meskipun dia tau password wifinya, dia tetap tidak bisa mengakses atau menggunakan karna device dia sudah terblokir dari wifi indihome milik kalian. 

Cara Memblokir Orang (Pengguna) di Wifi Indihome


Kebetulan gw menggunakan modem seri Huawei HG8245H5. Jadi, kalo kalian menggunakan tipe seri modem wifi indihome lain, its ok. Kalian masih bisa mengikuti tutorial ini karna yang membedakan hanya tampilannya saja. Intinya tetap sama.

1. Sekarang masuk terlebih dahulu ke website network configuration modem kalian, linknya menggunakan IP Address modem merek masing masing.

Kalo kalian gatau IP Addresnya kalian bisa cek di belakang modem kalian, biasanya sih 192.168.100.1 atau 192.168.1.254

Oh ya, pastikan juga kalian sudah dalam kondisi connect ke wifi indihome supaya bisa mengakses website tersebut. Username dan Password bawaan biasanya admin:admin

Cara Blokir Akses Orang di Wifi Indihome HG8245H5

2. Sekarang kalian cek terlebih dahulu, siapa pengguna yang kalian rasa tidak kenal dan terasa asing yang mengakses wifi indihome kalian. Caranya pergi ke Home page > Wi-Fi Devices (ingat beda merek modem beda tampilan)

Nah, disini kalian akan tau siapa saja orang yang mengakses wifi indihome kalian.

Cara Blokir Akses Orang di Wifi Indihome HG8245H5

3. Sekarang kalian cari nama atau merek copy mac address device yang nantinya akan kalian blokir aksesnya.

Contoh Mac Address : 21:a6:0c:33:0c:9f

4. Lalu pergi ke Advanced > Security > Wi-Fi Mac Filtering, nah sekarang paste mac address yang sudah kalian copy pada kolom nomer 3 (lihat gambar bawah), jangan lupa untuk centang Enable WLAN Mac Filter seperti nomer 1.

Cara Blokir Akses Orang di Wifi Indihome HG8245H5

5. Setelah kalian tekan Apply, pengguna yang kalian tidak kenal pasti sudah terblokir dan tidak bisa mengakses wifi indihome kalian lagi.

Cara Membuka Blokir Wifi Indihome :


Jika kalian ingin membuka blokir wifi indihome, kalian cukup delete mac address pada wi-fi mac address filtering.

Cara Membuka Blokir Wifi Indihome

Baca Juga : Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Cukup mudah bukan cara untuk blokir orang di wifi indihome terutama pada Huawei seri HG8245H5, jika internet kalian terasa lemot gunakana cara ini supaya kalian terus bisa mengawasi siapa saja yang mengakses wifi indihome kalian, semoga bermanfaat..