5 Tips Supaya Jago Main Mobile Legends

Tips Jago Mobile Legends

Terkadang hal hal kecil sering di hiraukan. Padahal, supaya jago bermain mobile legends kalian harus memperhatikan hal hal kecil tersebut (karena hal hal kecil tidak akan di perhatikan oleh kebanyakan player pada umumnya) dan di kesempatan kali ini bangbil mau share nih 5 Tips supaya kalian jago main Mobile Legends!


Di artikel ini bangbil akan sharing ke kalian tentang Timing, Role Hero, Fitur di Mobile Legends (yang kurang di perhatikan)dan Fungsi Lane. Ketika kalian sudah mengetahui hal hal yang sudah bangbil sebutkan gw yakin pasti kalian akan jago bermain mobile legends!

Apasih contoh hal kecil yang biasanya di hiraukan ketika bermain Mobile Legends? Contoh sederhananya ketika kalian ada kesempatan untuk membunuh Lord, segeralah untuk membunuh tapi tunggu dulu, tergantung situasi jika kalian di posisi menang (mendominasi) bunuh lah lord pada menit ke 11:00 karena pada menit tersebut lord akan di Buff (diperkuat).

Nah, mulai dari sekarang kita akan belajar untuk memperhatikan hal hal kecil tersebut, tentunya hal hal kecil yang bangbil maksud akan membantu kalian supaya jago bermain mobile legends, mencapai kemenangan secara sempurna bukankah hal ini yang kalian inginkan?

Baca Juga curhatan gw tentang Cheat Frame Lag Mobile Legends 2020

8 Tips Supaya Jago Main Mobile Legends


1. Cari Role (Tipe) Hero Kalian!

Role dalam Mobile Legends

Di Mobile Legends sendiri role terbagi menjadi 5 yaitu Assasin, Marksman, Figher, Tank, Mage, dan Support. Tugas kalian ketika baru bermain Mobile Legends (masih newbie) adalah mencari tipe hero yang benar benar kalian bisa mainkan atau bisa dibilang kalian ada bakat untuk memainkan tipe hero tersebut, terus fokus pada 1 role tersebut yakin bahwa kalian jago dalam tipe hero tersebut itu penting!

Ambil contoh misalnya kalian jago bermain hero Hayabusa, berarti kalian pada dasarnya jago bermain hero tipe Assasin. Jadi coba fokus untuk mempelajari role / tipe hero tersebut.

Jika kalian memang benar bisa di semua role itu berarti lebih bagus! tapi tetap, kalian harus menentukan role kalian ini apa sejatinya? apakah tank? mage? atau assasin? kalian harus tau hal ini terlebih dahulu.

2. Pelajari Fitur / Tanda tanda Kecil di Mobile Legends

  • Hal yang satu ini kadang gak terlalu di perhatikan oleh public, jika kalian melihat kotak kecil berwarna hijau di pojok kiri avatar kalian seperti gambar dibawah ini, berarti itu menandakan bahwa teman kalian mempunyai Skill 3 atau yang biasa kita sebut Ulti (ultimate). Hal ini akan sangat membantu terutama untuk kalian yang bermain hero Tank.
Ultimate Ready

  •  Jika ada tanda ungu atau merah di bawah avatar kalian seperti ini, berarti player tersebut punya Buff Ungu / Merah. efek Buff ungu untuk mengurangi cooldown, dan Buff merah untuk menambah true damage.
Buff Ungu dan Merah


  • Beda dengan halnya Buff merah dan ungu, ketika membunuh Turtle hero akan mendapatkan Shield tambahan, hati hati dengan hero core yang memegang Buff turtle. Rinciannya, Turtle ini memberikan shield yang akan menyerap damage sebesar 750 (+50* Level Hero). Menariknya, shield dari Turtle akan muncul kembali lima detik setelah efeknya habis. Syaratnya, kalian harus menunggu 5 detik tanpa terkena damage.
Turtle Shield


3. Timing

Seperti yang bangbil bilang pada paragraf pembukaan tips supaya jago main mobile legends adalah bagaimana kalian paham tentang timing, timinglah yang menentukan bagaimana kalian bisa mendominasi di Land of Dawn, hal hal kecil seperti ini yang kalian harus perhatikan.

  • Buff ungu akan muncul setiap 2 Menit sekali, setelah  kalian ambil. Dan ingat, wajib untuk membunuh creep kecilnya karna yang besar tidak akan muncul lagi ketika kalian belum membunuh creep yang kecil khusus buff ungu ya..


  • "Kalo aku maju bakalan mati atau gak nih?" Kalian harus paham ketika kalian ingin maju untuk menyerang, kalian harus bisa bertanya pada diri sendiri, bakal mati gak nih?  untuk tau jawabannya kalian harus terus berlatih! banyakin experience, terutama liat video video di youtube atau live streamer yang memakai tipe hero yang kalian senangi. Otomatis kalian akan belajar banyak tentang hal ini.
  • Jangan asal mengeluarkan Skill dan Spell, pada umumnya kalian melakukan hal ini karena panik bukannya fokus. Ketika kalian fokus memperhatikan gerakan musuh, Skill dan Spell kalian pasti akan terarah dan timingnya akan tepat seiring berkembangnya waktu. Intinya jangan panik, tetap tenang di situasi apapun. Contoh tuh mukanya RRQ Lemon mau menang mau kalah tetep aja flat mukanya, hahahaha...

4. Lane

Fungsi Lane di Mobile Legends

Lane (jalur) terkadang public gak sadar diri menempatkan hero yang cocok dengan lane yang cocok, sering sering menonton live stream player pro mobile legends, hal ini pasti akan membantu kalian untuk menentukan hero mana cocok dengan lane mana. Tapi sebelum kalian menonton live stream para plo player kalian harus baca dulu ya fungsi lane dan hero pada lane tersebut seperti apa.. 

  • Top lane (Offlane) biasanya diisi oleh Fighter yang kuat dan bisa menahan lane ketika di gank, biasanya lane ini digunakan atau di fokuskan untuk push dan mengalihkan perhatian hero core musuh, tipe hero heronya tentu gak kebanyakan farming tapi tetap menghasilkan gold karna dia yang bertanggung jawab di lane.
Contoh Hero Top Lane :  Chou, Jawhead, atau Hero bertipe Fighter lainnya.

  • Mid lane biasanya lane ini di isi oleh Role Mage atau Assasin, lane yang satu ini adalah inti segalanya ketika lane tengah lemah dan kalah berarti siap siap lane atas dan bawah kena getahnya.Lane ini di fokuskan untuk mencari kill sebanyak banyaknya, dan tentunya cepat untuk Roam (berpindah dari lane lain ke lane lain) kesana sini dan tentunya mempunyai damage yang cukup besar. 
Contoh Hero Mid Lane :  Gusion, Lunox, Lancelot,

  • Bot lane biasanya diisi oleh Marksman dan Supportnya difokuskan untuk Farming. Hero disini biasanya di panggil core, hero inilah yang nantinya akan menentukan pada masa masa Late game (10 menit keatas)
Contoh Hero Bottom Lane : Claude, Bruno, Granger dan hero bertipe Marksman lainnya..

Ingat, Lane beserta contoh hero yang bangbil sebutkan diatas adalah pada umumnya ingat! pada umumnya! jadi tentu tidak lepas kemungkinan ketika lane lane tersebut diisi oleh role role lain, contohnya Mid lane diisi oleh Marksman, Bot diisi oleh Fighter, dan Top diisi oleh Assasin.


5. Contoh Hal Kecil Lainnya, yang harus diperhatikan..

  • Jika musuh menghilang dari Map besar kemungkinan musuh sedang berada di jungle dan sedang menuju ke lane yang kalian tempati, jadi penting untuk terus memperhatikan map!


  • Geser map ke Jungle musuh. Ketika musuh sedang farming, maka akan terdengar suara mereka sedang membunuh creep, otomatis kalian akan mengetahui posisi mereka meskipun musuh gak muncul di map.
  • Sering Sering Geser Map! ketika posisi kalian sedang jauh dan sedang terjadi war, usahakan untuk geser map kalian. Hal ini sangat penting untuk mengetahui skill apa saja yang sudah musuh pakai, sehingga kalian bisa counter pada saat kalian bertemu hero tersebut.
Itulah 5 Tips Supaya Jago Main Mobile Legends, 5 point diatas memang sangat berguna tapi pada akhirnya hanya pengalaman di land of dawnlah yang menentukan kalian bisa survive tidaknya di game ini. Selamat bermain! enjoy!