Pola

Pola
Foto diambil saat malam tahun baru


Kalo kalian denger kata kata diet apa yang ada dipikiran kalian? nurunin berat badan? tentu, karena memang brand diet di indonesia adalah diet = menurunkan berat badan, dan somehow diet konotasinya negatif di negri wakanda.

Yang padahal arti kata diet sendiri adalah pola makan, diet berarti menjaga pola makan.

Kenapa gue bahas ini? karena gue suka kesel kalo ada orang ngomongnya diet tapi gatau kalori yang masuk dan keluar setiap kali dia memakan sesuatu. 

Menurut gue, seseorang bisa dikatakan diet kalo dia tau berapa kalori makanan yang masuk dan keluar di tiap harinya. 

Kita kenalan dulu dengan yang namanya kalori, semua makanan punya yang namanya kalori anggep aja kalori adalah energi yang dipunyai setiap makanan. Misal 1 buah pisang kandungan energi (kalorinya) adalah 100 kcal.

Sedangkan kalori yang dibutuhkan rata rata manusia adalah 2000 kalori untuk wanita dan 2500 kalori untuk pria di tiap harinya. Tentu tergantung dari seberapa berat dan tinggi mereka.

Jadi mau lu makan es krim kek makan burger kek selama kalori yang lu makan sesuai dengan batasan kalori harian lu itu sudah dikatakan diet. (ingat! kuncinya harus tau berapa batas kalori harian)

"dari mana tau kalori harian yang dibutuhkan?" 

Ada yang namanya kalkulator kalori, kalian tinggal cari aja di playstore / applestore namanya myfitnesspal logonya warna biru, nanti kalian disuruh mengisi berat badan, tinggi badan, umur dan aktivitas hariannya intense atau tidak, tujuannya cuma 1 yaitu untuk mengetahui jumlah kalori yang tubuh lu butuhkan yang tentunya sesuai dengan tujuan kalian.

Diet (pola makan) sendiri simpelnya di bagi menjadi 3 tujuan :

1. Naikin Berat Badan = Surplus Kalori, makan kalori lebih dari yang disarankan. 

Misalnya kalori harian yang dibutuhkan adalah 2500, Jadi jangan ngaku makan banyak kalo kalori harianmu aja ga melebihi 2500. Ini juga salah satu diet yang gue lakukan sekarang karena gue termasuk orang yang underweight.

2. Menjaga Berat Badan = Maintenance Kalori, makan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan.

3. Menurunkan Berat Badan = Defisit Kalori, makan kurang dari kalori harian yang dibutuhkan.

also kalo lu notice makin sehat makanannya makin dikit kalorinya, itulah kenapa orang orang yang menurunkan berat badan banyak memakan fiber (serat). Karena punya kalori yang kecil tapi cukup untuk tahan lama. 

Kira kira seperti itu versi simpelnya.. 

Karena semakin banyak otot tentu harus membakar banyak kalori (energi). Aktivitas yang intense juga tentu membakar kalori makanya porsi makan tukang bangunan banyak, karena tiap detiknya mereka membakar kalori yang cukup banyak.

Oh ya misal kalian jajan snack, bisa cek kalorinya di balik bungkus ada tulisan tabel nutrisi, disana tertulis Energi Total per sajian atau per bungkusnya.


Ngitung kalori yang susah itu biasanya ada di jajanan abang abang contohnya 1 bungkus cimol, 5 tusuk telor gulung, 1 mangkok seblak dan semacamnya memang kita tidak tau pasti berapa kalorinya tapi tenang, kalorinya bisa diperkira dengan google, ketik aja = 1 potong martabak berapa kalori.

Kuah kuahan, bumbu seperti garam micin, cara masak (goreng, rebus, pangang) itu juga termasuk mempengaruhi jumlah kalori.

Kalo ditanya "apa aktivitas yang paling cepat untuk membakar kalori?" tentu jawabannya adalah angkat beban. 

Kalian gaperlu ke gym! cukup dengan 2 dumbell aja kalian bisa hit semua otot yang ada di badan kalian! banyak tutorial yang ada di youtube.

Simpelnya ada 3 tipe Olahraga : 

1. Traditional Strength Training, Olahraga yang menggunakan beban contohnya angkat dumbell, barbell, dan gym stuff..

2. Functional  Strength Training, Olahraga menggunakan tubuh sendiri contohnya squat, push up, plank, yoga dan semacamnya..

3. Cardio, Olahraga yang menggunakan jantung contohnya Lari, sepak bola, basket.

Nah, kardio ini nih! olahraga yang kebanyakan sering dilakukan oleh masyarakat indonesia itulah kenapa tuanya pada sakit sakitan karena tulangnya lemah, karena untuk memperkuat tulang harus dengan latihan angkat beban, angkat beban itu olahraga wajib!

Selain memperkuat tulang, angkat beban juga membuat tubuh lebih berisi karena memperbesar masa otot. 

Mau cewe mau cowo gaada alasan, semuanya sama harus latihan angkat beban! kalo kalian bilang "gue gak mau berorot" bro you think its easy to get jacked? NO BRO! lu perlu disiplin yang sangat amat tinggi, jadwal tidur, pola makan, jadwal latihan dan itu butuh waktu bertahun tahun jadi no! berotot gak semudah itu! man i wish berotot is that easy! ini adalah salah satu alasan terbullshit untuk tidak angkat beban. 

Orang juga kebanyakan bilang "gue gak punya waktu buat olahraga" yang seharusnya gue coba luangkan waktu untuk olahraga. Menurut gue gak mungkin sesibuk sibuknya orang gapunya waktu luang 10 menit di setiap harinya.

Kalo mau memulai sesuatu itu kalian gabisa yang tetiba dari yang tadinya gak olahraga sama sekali tiba tiba olahraga 2 jam sehari no man pasti akan putus nantinya.

Jadi jauh sangat amat lebih baik 10 menit tapi di lakukan setiap hari, daripada seminggu 3 jam sekali. Selalu lakukan dengan small step coba dulu olahraga angkat beban  dengan waktu 10 menit  dengan beban ringan gapapa perlahan nanti pasti akan advance dengan sendirinya yang penting lakukan aktivitasnya tiap hari! aim kalian adalah melakukan aktivitasnya, bukan berat beratan beban. 

buat yang pemula inget kalian gaperlu pergi ke gym karena aim kalian adalah konsisten dengan aktivitasnya dan membiasakan kinerja otot. gue saranin beli 2 dumbell dulu ini investasi yang sangat bagus, kalian bisa hit semua otot yang ada di tubuh.

Ingat fokus untuk membangun system bukan body goals. xoxo