Mengetahui Gaji atau Penghasilan Youtubers Per Bulannya #Kepo



Sebelumnya tentu ada alasan mengapa kalian ingin mengetahui atau mengecek gaji penghasilan youtubers perbulannya. Entah hanya untuk sekedar bahan research atau hanya kepo (ingin tau saja) sebenernya berapa sih penghasilan seorang youtuber pada umumnya. Karena dulunya orang awam cukup bisa dibilang meremehkan pekerjaan sebagai seorang "youtuber". Mungkin setelah kalian tau berapa gaji dari seorang youtuber, hal ini akan memotivasi kalian untuk menjadi seorang Youtuber atau lebih tepatnya konten kreator.

Sebenernya berapa gaji atau penghasilan seorang youtuber sampai terkadang mereka rela untuk syuting setiap harinya demi mengupload konten atau video untuk para subscriber mereka, apalagi untuk kategori Channel Gaming tentu cukup mudah untuk mereka mengupload konten setiap harinya. Gak kebayang ya berapa penghasilan mereka, pantas saja youtuber nomer satu dunia dulunya adalah channel gaming yang dipegang oleh Username Pewdiepie (Felix Kjellberg) yang mempunyai 104 juta subscriber dan tentunya akan bertambah bahkan di tiap detiknya. Sayanganya youtube nomer 1 sekarang di tempati oleh corporation berasal dari india yang bernama T-Series dengan 140 Juta Subscriber.

Oke sekarang kita akan membahas, Dari mana Youtuber mendapatkan uang? tentu dari iklan yang mereka tampilkan pada video mereka. Iklan sendiri ada bermacam macam jenisnya.
  • Iklan yang berbentuk banner
  • Iklan berbentuk kotak yang ada disamping video
  • Iklan 15 detik yang tidak bisa di skip
  • Iklan 1 menit yang bisa untuk di skip 
  • Bahkan ada iklan yang panjangnya selama 1 Jam (biasanya iklan ini adalah video dari pengguna youtube lain yang beriklan di youtube)

Ada situs yang bernama Socialblade, situs ini digunakan untuk mengetahui Statistic Youtube, Twitch, Instagram, Twitter, ataupun platform lainnya dan juga bisa digunakan untuk mengecek penghasilan youtubers perbulan maupun pertahunnya. Perlu diingat bahwa gaji atau penghasilan youtubers ini hanya estimasi saja.

Langkah Langkah Mengetahui Penghasilan atau Gaji Youtubers 


1. Langsung pergi ke situs Socialblade, lalu ketikkan Username Youtuber yang ingin kalian ketahui pendapatannya, Disini gue contohkan Agung Hapsah.

Enter YouTube Username


2. Jika sudah bertemu dengan Youtuber yang dimaksud klik Select Channel.

Klik Select Channel


3. Disini kalian sudah bisa melihat berapa penghasilan atau gaji youtuber tersebut.

Estimated Monthly and Yearly Earnings

Perkiraan Penghasilan perbulannya - $1.2K - $18.8K

Perkiraan Penghasilan pertahunnya - $14.1K - $225.K 
Kita anggap 1 USD = 13.000 IDR

Kita ambil dari penghasilan terendah perbulan dia yaitu 1.2K = 1200 x 13.000 =  15.600.000 (Ingat ini penghasilan terendah dia perbulan ) 

Bagaimana jika kita ambil penghasilan terbesarnya? 18.8K = 18800 x 13.000 = 244.400.000 (Akan terus bertambah seiring dia mengupload video)
    Jika kalian pertama kali melihat angka angka ini tentu tidak akan percaya. Padahal Agung Hapsah sendiri termasuk golongan Youtuber pemula tapi di usianya yang baru menginjak 16 Tahun tentu angka yang di hasilkan cukup membuat tercengang. Ya tidak heran juga karena memang jika dilihat dari kualitas konten (video) yang dia buat. Jujur membuat bangbil betah meskipun sudah menontonnya berkali kali.

    Anyway, Jika kalian scroll kebawah pada Socialblade di sisi kirinya kalian bisa meliat perkembangan dari channel tersebut dari hari ke hari, mulai dari subscribers, video views, dan estimated earningsnya berapa.
      
    Estimated Earnings Per Hari

    Gimana? apakah setelah mengetahui gaji youtubers perbulannya kaliani tertarik untuk menjadi Youtuber? well, tentu semua orang jika di tanya seperti ini pasti tertarik lah ya. Yang terpenting adalah saran saya jika ingin terjun ke dunia youtube jangan terlalu mengincar uangnya tapi nikmatilah proses untuk mendapatkannya.