10 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Windows 10

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10, Beberapa hari yang lalu bangbil memutuskan untuk pindah ke Windows 10 dengan alasan memang sudah terlalu bosan dengan tampilan sistem Windows 7. Tapi ternyata ketika saya selesai meng-install Windows 10 dan menjalankan windows 10 ternyata lemotnya minta ampun, terutama pada saat loading awal (Booting). Padahal windows 10 terkenal dengan kecepatannya pada saat Booting. Meskipun spesifikasi PC bangbil sudah terbilang lumayan tetap saja ada gerakan patah (lemot) saat mengoperasikan OS (Operating System) Windows 10. Ibarat Template Blogger perlu di Responsive'in supaya tampilan hamanannya menjadi lebih cepat.


Maka bangbil akan menunjukkan 10 Cara Mempercepat Windows 10 Tested 100% Work mengapa menyebutnya seperti ini? karena memang cara ini benar benar ampuh untuk mengatasinya, mulai dari menonaktifkan efek khusus pada windows 10, menghapus file temporary yang sudah usang, serta meningkatkan hardware ini adalah cara terbaik untuk akan mempercepat kinerja windows 10.

Rahasia utama untuk mempercepat kinerja Windows 10 ada pada setiap poinnya entah mengapa setelah menerapkannya windows 10 saya terasa jauh lebih ringan, serasa menggunakan Windows 7 dengan tampilan Windows 10. Cara ini juga bisa kalian gunakan untuk mempercepat Windows 7 dan windows 8

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

   

1. Mematikan Efek Animasi


Langkah pertama untuk lebih memperlancar kinerja windows 10 adalah dengan menghilangkan efek efek animasi windows 10, yang membuat kinerja Windows 10 melambat nah nantinya efek efek tersebut akan dihilangkan dengan cara ini.

Memang efek animasi atau visual yang diberikan windows 10 membuat nyaman penggunanya kendati demikian, jika kalian tidak mempunya spesifikasi pc yang cukup maka efek ini hanya akan memperlambat kinerja windows 10 saja.  Cara ini tentu akan berpengaruh untuk mempercepat booting windows 10

Langkah langkah untuk menghilangkan efek pada windows 10, Ketik "Advanced System Setting" pada pencarian windows. Nanti akan muncul tab System Properties lalu tekan tombol Settings 

sekarang pilih custom lalu hilangkan centang untuk menonaktifkan efek efeknya.

Mematikan Efek Animasi pada Windows 10

Kalian juga bisa memilih efek mana yang diinginkan untuk tetap aktif, tetapi jika memang PC kalian benar benar meraskan lemot dan lag, lebih baik hilangkan semuanya untuk meringankan kinerja windows 10.

2. Mengurangi Durasi pada saat Booting


Mengurangi durasi pada boot tentu akan mempercepat proses pada saat booting Windows 10, boot / booting adalah proses (loading) pada saat kita menyalakan PC atau :aptop pertama kalinya.

Secara default boot pada Windows 10 berdurasi selama 30 detik yang mana ini bisa dibilang terlalu lama, kalian bisa mengubahnya menjadi 10 detik saja sehingga akan mempercepat proses startup windows 10.

Cara untuk mengurangi Durasi Boot Menu ini cukup mudah, ketik "View advanced system settings"
pada kotak pencarian windows lalu pindahkan tab ke Advanced klik Settings pada Start-up and Recovery perhatikan tulisan Time to display kalian ubah menjadi 10 Detik.

Mengurangi Durasi pada saat Booting

Dengan memotong durasi menjadi 10 detik, kalian akan meraskan efeknya pada saat menyalakannya kembali.

3. Matikan Transparancy Effect 


Jika kalian tidak sadar, perhatikan pada Start Menu dan Taskbar Windows 10, ada transparant effect. Memang efek ini bisa untuk mempercantik tampilan pada windows 10. Tetapi resource akan berkurang untuk menjalankannya. dengan membuang efek ini maka akan menghemat pemakaian resource yang akan membuat system windows 10 terasa cepat.

Cara untuk mematikan transparancy effect cukup mudah, pergi ke Settings lalu ketik Personalisation, Colours, Sekarang matikan Transparency effects dengan menggeser tombol on menjadi off.



Ketika sudah mematikan fungsi ini, akan ada perubahan pada Start Menu dan Taskbar Windows 10 yang sudah tidak ada transparant effect, yang mana hal ini tidak akan berefek pada produktivitas kalian ketika menjalankan windows 10 dalam sehari hari.

4. Bersihkan Sistem Windows 10 dengan Aplikasi Cleaner




Sama dengan halnya android, Windows 10 juga memerlukan pembersihan dari file sampah untuk menjaga sistem tetap ringan dan bisa dijalankan dengan mulus. Banyak sekali aplikasi pembersih gratis yang ada di internet, Contohnya : CCleaner dengan aplikasi ini kalian bisa membersihkan sampah seperti thumbnail, chace, temp file dan file lainnya secara otomatis.

Dengan membersihkan windows 10 secara berkala maka akan mencegah file sampah menumpuk yang akan membuat komputer menjadi lambat, Hardisk juga akan cepat penuh ketika file menumpuk sehingga memperlambat kinerja windows 10.

5. Gunakan Disk Cleanup


Kita tidak bisa menghindari Windows 10 yang akan penuh, aplikasi cleaner tidak aakan cukup untuk itu olehnya microsoft mengadakan yang bernama utility disk clean up
a


10. Jalankan Disk Cleanup
Ruang penyimpanan yang semakin penuh terutama yang digunakan untuk menyimpan file sistem bisa menurunkan performa Windows 10. Oleh karena itu kita harus memastikan ruang penyimpanan yang ada tidak sampai penuh. Fitur Disk Cleanup bisa kita manfaatkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Disk cleanup adalah salah satu utilitas di Windows yang sudah ada sejak lama, tapi kebanyakan pengguna jarang menggunakannya, padahal fitur ini cukup bagus untuk melakukan pembersihkan file-file sampah seperti temporary file, cache, thumbnail, dan file-file yang sudah tidak kita perlukan lagi.

Untuk mempercepat Windows 10 kita harus membersihkan file-file sampah yang menumpuk tersebut.

Caranya:

Ketik “disk cleanup” pada search bar kemudian klik pada aplikasi Disk Cleanup
Pilih drive C
Centang file-file temporary yang ingin dibersihkan
Klik Clean system files
Klik OK
membersihkan file sampah dengan disk cleanup
Untuk melakukan pembersihan hard disk secara otomatis dari file-file sampah yang bisa memberatkan sistem, kita bisa memanfaatkan sebuah fitur dari Windows 10 bernama Storage sense.

Fitur ini cukup bermanfaat untuk menjaga agar drive C tidak cepat penuh, terutama setelah melakukan update besar, karena biasanya file Windows yang lama tetap tersimpan di hard disk kecuali kita membersihkannya.

Caranya:

Masuk ke Settings
Pilih System
Pilih Storage
Klik pada opsi Storage sense hingga menjadi On
mengaktifkan storage sense untuk membersihkan windows 10 secara otomatis
Untuk membersihkan file sampah di Windows 10 secara otomatis Anda bisa klik pada menu Configure Storage sense or run it now yang ada di bawah tombol on/off. Setelah itu pilih jadwal pembersihan otomatis yang diinginkan, apakah setiap hari, per dua minggu, per bulan, atau per dua bulan.

Disk Cleanup adalah utility bawaan Windows yang luar biasa. Kalian dapat menggunakannya untuk menghapus file sementara yang menumpuk, image thumbnails, file program yang diunduh dan halaman web offline.

Untuk caranya ketik 'Disk Cleanup' di bilah pencarian atau ke Start Menu (pojok kiri) scrool ke bawah cari Windows Administrative Tools | Disk Cleanup. Utility akan memperlihatkan pilihan file untuk dihapus. Cukup tandai kotak/centang di sebelah setiap opsi. Klik 'Clean up system files' untuk memulai menghapus. Disk Cleanup akan menghitung jumlah ruang yang akan kalian hemat.