Aware

Kecil


Aware, at least you AWARE, Kesadaran atau menyadari. Aware akan sesuatu hal itu sangat penting. bahkan se-penting itu menurut gue.

Langsung to the point aja, apa iya harus ada uang dulu buat belajar dan tau apa itu investasi? pun sama dengan instrumen keuangan lainnya.. reksadana, saham, cryptocurrency, nft dan lain sebagainya. Masa iya gue perlu punya uang dulu buat tau akan hal hal diatas?

Problemnya adalah kebanyakan dari masyarakat indonesia itu males untuk cari tau, bahkan cuma untuk sekedar tau akan arti, fungsi, dan apa dampaknya secara umum aja males. Curiousity (rasa keingintahuan)-nya kurang banget. 

Padahal se-simple ngetik di google apa itu saham?

oh saham itu surat kepemilikan suatu perusahaan, jadi ketika kita membeli itu berarti kita bagian dari perusahaan tersebut meskipun 0,0001%nya. ini adalah contoh simple basic knowledge, secara umum. kalian gak perlu tau detailnya yang penting tau artinya apa, maksudnya apa, fungsinya apa, ya.. pengertian secara umumnya aja. Sehingga kalian bisa aware akan hal tersebut. 

Contoh lagi, ada yang namanya reksadana "apa ya reksadana itu?" oh pengumpulan suatu dana yang di kelola oleh manajer investasi. apa aja tipe reksadana?, cara belinya gimana ya?, apa ini baik untuk masa depan?, bagaimana cara kita dapet untung dari sana? 

gak perlu punya uang dulu kan? tapi dengan kalian aware, at least kalian jadi tau gambaran akan hal tersebut itu seperti apa dan itu sangat penting di era sekarang, biar kalian gak ketinggalan akan informasi terbaru. terutama dengan hal yang bernama Investasi.

Investasi itu sangat sangat penting untuk keuangan kalian di zaman sekarang. Kalo kalian gak ngerti yang namanya investasi kan percuma kalian nabung nabung nabung tapi tergerus yang namanya inflasi. 

1.000 rupiah zaman dulu nilainya beda dengan 1.000 zaman sekarang. Dulu gue inget banget bisa tuh kebeli nasi kucing 500 perak, bahkan dulu gue beli es teh di SD bisa hanya dengan 100 perak aja. 

Nah, Kalo kalian gak aware dengan yang namanya inflasi kan bahaya? 1.000 rupiah kalian yang kalian simpen di 20 tahun lalu yang bisa buat beli 2 nasi kucing sekarang? mah boro boro bisa kebeli 1 nasi kucing gak kebeli malah.

 

Kalian pake masker kenapa? kan itu salah satu bentuk bahwa kalian aware akan adanya virus Covid-19. Dengan kalian aware akan sesuatu its gonna make such a big change in your life,

Karena aware kalian jadi punya ilmunya, ketika ilmu tersebut dibutuhkan pada suatu waktu kalian sudah siap akan hal tersebut. Jangan sampai lupa bahwa Indonesia sendiri pernah tidak aware akan adanya covid-19 para petingginya meremehkan hal tersebut padahal negara negara maju seperti china dan lainnya saja sudah kewalahan akan virus tersebut. dan BOOM ketika virus tersebut masuk pertama kali di indonesia menyebar dengan sangat cepatnya sehingga banyak rumah sakit yang bahkan tidak sanggup sehingga banyak orang yang meninggal. Ini adalah contoh nyata ketika kalian tidak ada kesadaran (aware) akan suatu hal. 

"oh ternyata hal ini ada" 

Kalian bisa hidup sekarang karena apa? aware akan suatu hal bahwa makan itu penting, minum itu penting, istirahat itu penting. Yang jadi pertanyaan apakah lo aware, bahwa lo aware?

aware, so you can prepare.